Stadion Papua Bangkit

Lapangan Stadion Papua Bangkit Ditanami Rumput Ini, Sama Dengan GBK

Pjs Gubernur Papua, Soedarmo bersama Kadispora, Yusuf Yambe Yabdi memegang Inpres PON XX yang sudah ditandatangani Presiden Jokowi/Istimewa

JAYAPURA,- Pemerintah Provinsi Papua terus menggenjot pembangunan Stadion Papua Bangkit yang ditargetkan rampung akhir tahun ini. 

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua Yusuf Yambe Yabdi mengklaim progres pembangunan stadion Papua Bangkit di Kampung Harapan, Sentani  Kabupaten Jayapura sudah mencapai 47 persen.

Bahkan, kata dia pekan depan direncanakan masuk pada tahap penanaman rumput stadion.

"Rumput yang ditanam berjenis zoysia matrela atau rumput manila sama dengan rumput di stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta,” ungkap Yusuf di Jayapura, Rabu (14/3)

Dia membeberkan, pembuatan lapangan sudah rampung, dan ini akan dilaporkan kepada Pjs Gubernur Papua sekaligus mengundang untuk dapat menghadiri proses penanaman rumput di stadion yang memiliki fasilitas sama dengan stadion GBK tersebut.

Athletic Track

Selain itu, Yusuf juga menjelaskan bahwa pada April mendatang sudah masuk tahap pemasangan Athletic Track.
Bahkan, direcanakan perwakilan dari IAAf (Internasional Association of Athletics Federation) maupun PASI Pusat akan datang ke Jayapura dan memberikan  pendampingan dalam pemasangan sintetis athletic track.

Lanjut katanya, saat ini pihaknya masih menunggu pemaparan dari masing-masing vendor kontraktor (penyediaan produk). Sebab stadion Papua Bangkit menggunakan sistem komputerisasi di beberapa alat
stadion. Sehingga masing-masing vendor sedang melakukan penawaran.
“fasilitas stadion Papua Bangkit sama dengan GBK, kita hanya kalah pada kapasitas stadion, dimana stadion kita hanya 45 ribu kursi penonton, sementara GBK sebanyak 80 ribu” akunya.
 

Dalam melakukan penawaran ini, kata Yusuf pihaknya didampingi langsung oleh Polda Papua dan Kejaksaan untuk melihat sejauh mana dari sisi teknis dan non tekhnis yang memiliki keunggulan dari penawaran masing-masing vendornya.

Sisa Delapan Bulan

Adapun pembangunan stadion sesuai dengan kontrak sisa waktu delapan bulan.

"Ini waktu yang sangat kritis apalagi sekarang musim hujan. Namun kita optimis pembangunan stadion akan rampung akhir tahun 2018," imbuhnya.

Sementara itu, disinggung soal atap stadion ? Yusuf mengaku sudah dalam proses
pengadaan. Dimana atapnya pun sama dengan stadion GBK Jakarta.[Riri]