Rumah Dibakar

Mabok dan Cekcok Mulut Dengan Istri Akhirnya Rumah Bibakar

Warga saat berusaha memadamkan sisa sisa api daribangunan yang terbakar/Cholid

JAYAPURA,-Diduga dipengaruhi minuman keras dan memiliki masalah dengan sang istri, BJ pria yang kesehariannya sebagai Buruh Tenaga kerja bongkar muat (TKBM) di pelabuhan Jayapura berinisial BJ, tega membakar rumah miliknya, Rabu (14/3) siang. Akibat dari ulahnya itu sedikitnya tiga rumah milik warga yang tinggal berdekatan ikut dilalap api.

Dalam musibah itu tidak ada korban jiwa maupaun korban luka-luka, sementara kerugian yang ditaksir hingga ratusan juta rupiah.

Salah satu warga Ronal Wanggai ketika di wawancarai mengungkapkan kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 11.15 WIT, dimana pelaku saat itu sedang dipengaruhi minuman keras kemudian ceckcok mulut dengan sang istri, kemudian pelaku langsung menyiram minyak tanah dan membakar seisi rumah, akibatnya api merembes ke rumah milik Benyamin Jowei, Luis Wanggai, dan Marselus Aiwoi.

“Pelaku sering kali berkelahi dengan istrinya apabila dalam keadaan pengaruh minuman keras, selain itu juga pelaku sempat mengancam ingin membakar rumah,”ujarnya Rabu (14/3) siang.

Lanjut Ronal, sebelum melakukan pembakaran yang menghanguskan empat unit rumah, pelaku juga sempat melakukan tindakan serupa dua hari lalu.

“Senin kemarin pelaku juga mau bakar rumahnya, tapi berhasil di gagalkan oleh warga setempat, namun kali ini sudah terlanjur aksinya sehingga merugikan kita,”tuturnya.

Dirinya berharap kepada pihak kepolisian untuk memindak tegas atas perbuatan pelaku. “Kami sebagai warga disini sudah tidak mau terima apabila dia kembali untuk tigal di lingkungan ini,” tegasnya.

Kata Ronal, api dapat dipadamkan sekitar satu jam kemudian oleh warga setempat dengan alat seadanya.

“Api padam ketika warga berusaha memadamkan dengan air laut, mobil pemdam datang sekitar 30 menit setelah api mulai membesar, tapi sangyang karena akses jalan tidak mendung dan jauh dari jalan sehingga mobil pemdam sulut,”ujarjnya.

Sementara itu Kapolsek Jayapura Selatan Kompol Nursalam Saka, saat ditemui ditempat kejadian perkara, menuturkan usai melakukan aksinya pelaku langsung menyerahkan diri di pos Polair Polres Jayapura Kota.

“Pelaku sudah kami amankan dari Pos Polair dan kini sudah mendekam di sel tahanan Polsek Jayapura Selatan untuk proses lebih lanjut,” ujarnya.

Lanjut Nursalam, sementara motif yang dilakukan akan di kembangkan lebih lanjut oleh penyidik Unit Reskrim Polsek Jayapura, namun dari hasil keterangan beberapa warga yang dimintai menuturkan pelaku kerap sering kali mengancam akan membakar rumah apabil sedang cekcok dengan sang istri.

“Pelaku ini sudah sering kali mau bakar rumah dan dua hari lalu juga aksinya digagalkan, dan saat hendak membakar rumah pelaku dalam keadaan miras,” ungkapnya. [Cholid]