Sosialisasikan Gemar Minum Kopi, Soedarmo Ajak Forkopimda dan OPD Papua Ngopi Pagi

Pjs Gubernur Papua, Soedarmo mengajak Forkopimda dan pimpinan OPD Papua ngopi pagi guna mensosialisikan gemar minum kopi,Rabu (14/3)/Istimewa

JAYAPURA, -  Guna mensosialisasikan dan menggalakan serta membudayakan masyarakat Papua gemar minum kopi, Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Papua, Soedarmo memulainya dengan mengajak jajaran Forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), dan para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) ngopi pagi.

Acara ngopi pagi yang berlangsung, Rabu (14/3) di cafe salah satu hotel di Jayapura ini, membahas berbagai hal terutama yang menyangkut hasil bumi Papua.


"Kopi Papua rasanya sangat luar biasa," ucap Soedarmo, 

Dikatakan, sejumlah daerah di Papua memang merupakan penghasil kopi dengan jenis dan aroma rasa yang berbeda beda.

"Oleh karena itu harus disosialisasikan agar penduduk lokal, nasional bahkan internasional tahu," ujar Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri ini.

"Dengan gemar minum kopi diharapkan ada dimen besar, dengan demikian otomatis produk dari petani akan terus didorong untuk lebih meningkatkan melalui bimbingan dan pelatihan," lanjutnya berharap.

Soedarmo menjelaskan, petani kopi di Papua selama ini merupakan binaan baik dari kalangan perbankan semisal Bank Indonesia, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank Papua maupun dari para pengusaha kopi.
Oleh karenanya, Jenderal Purnawirawan TNI ini berharap pemerintah provinsi Papuake depan juga  dapat memiliki rasa kepedulian serta rasa memiliki hasil bumi di tanah Papua.

"Kalau rasa memiliki tidak ada, tidak mungkin bisa kembangkan potensi-potensi yang ada," imbuhnya.

Dia mengajak setiap OPD lebih khusus yang berkaitan langsung dengan pengembangan komoditas kopi ini untuk lebih menumbuhkan rasa kepedulian sekaligus berupaya meningkatkan produksi kopi Papua yang sangat luar biasa di bumi cenderawasih ini.[Riri]