Soedarmo Tinjau Pelayanan Kesehatan di RS Dok II Jayapura dan Abepura

Pjs Gubernur Papua, Soedarmo saat meninjau pelayanan kesehatan di ruang perawatan bayi RSUD Abepura, Senin (12/3)/Istimewa

JAYAPURA, -Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo meninjau pelayanan kesehatan di dua rumah sakit milik pemerintah daerah yakni Rumah Sakit Dok II Jayapura dan Rumah Sakit Abepura, Senin (12/3).

Dalam kunjungannya, Soedarmo langsung memeriksa beberapa ruangan diantaranya ruang rawat inap penyakit dalam dan ruang persalinan

"Saya ingin mengecek kesiapan di dua RSUD milik Pemerintah Provinsi Papua ini. Ini penting sekali karena pelayanan kesehatan ini menjadi prioritas," ujar Soedarmo 

Menurutnya, hal ini penting mengingat, Pemerintah Pusat melalui kebijakan Presiden Joko Widodo telah mencanangkan program Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar.

"Sehingga kita harus mengecek langsung penerapanya di lapangan sejauh mana RSUD ini menjalankan program tersebut," tuturnya.

"Jadi dua hal ini merupakan pelayanan dasar wajib yang harus dipenuhi. Sehingga saya harus datang cek langsung di dua RSUD milik Pemerintah Provinsi ini,"tuturnya lagi.

Banyak Masukan

Soedarmo membeberkan dari hasil peninjauan yang dilakukan, dirinya banyak mendapat masukan dari petugas dan dokter yang bertugas di dua Rumah sakit tersebut diantaranya, fasilitas kesehatan yang kurang memadai dan tentunya harus banyak berbenah.

Selain itu ada laporan dari masyarakat bahwa dua RSUD ini pelayananannya kurang bagus, serta masalah pemeliharaanya kurang jelas. Sehingga pihaknya perlu mengecek secara fisik dan tentunya kedepan Pemerintah akan melakukan evaluasi.

Soedarmo mengaku hasil pemantuannya dimana RSUD Abepura tipe C tetapi sudah terakreditasi. Namun RSUD Jayapura belum. Sehingga tentu perlu ada pembinaan-pembinaan secara terus menerus kedepan.

"Jadi saya akan mengecak juga berapa besaran anggaran untuk dua RSUD ini. Saya juga akan memeriksa bagaimana pengunaanya apakah sudah sesuai peruntukannya atau belum selama ini,"tutur Soedarmo.

Ditanya soal pelayanan kesehatan yang diberikan di dua rumah sakit tersebut, Soedarmo akui ada pelayanan kesehatan tertentu sangat lebih baik. Namun masih banyak yang kurang. Sehingga pihaknya langsung turun kelapangan cek untuk melihat.
 

Pihaknya juga datang langsung di dua RSUD ini sekaligus meminta para dokter dan tenaga medis yang ada untuk meningkatkan pelayanannya. Pasalnya pelayanan kesehatan ini sangat penting.

Walaupun pasien yang datang mengunakan BPJS dan Kartu Papua Sehat, itu sudah menjadi hak mereka. Sehingga harus tetap diberikan pelayanan kesehatan yang prima dan harus dilayani dengan baik tampa pandang bulu dia Papua atau pendatang.

"Apapun bentuknya dua RSUD ini harus memberikan pelayanan yang prima atau pelayanan nomor satu. Karena itu kaitannya dengan masalah nyawa seseorang. Sehingga harus menjadi prioritas,"ucap Soedarmo.

Lanjut katanya, pemberian pelayanan kesehatan di dua rumah sakit ini harus secara serius. Dalam artian pelayanan prima harus di dahulukan.

"Saya akan cek secara terus menerus di dua RSUD milik Pemerintah Provinsi Papua ini. Secara fasilitas memang masih banyak yang kurang dan harus dipenuhi. Namun paling penting disini pemberian pelayanan kesehatan disini harus jauh lebih baik lagi jangan membuat pasien itu lebih menderita lagi. Tetapi berikan pelayanan yang bagus sesuai harapan masyarakat saat ini,"pungkasnya.[Riri]