Terkait Perang Antar Suku di Timika

Bamsoet Minta Konflik di Timika Bisa Terselesaikan

Ketua DPR Bambang Soesatyo. (istimewa)

TIMIKA,- Pimpinan DPR meminta penyelesaian konflik dan mendorong pihak-pihak aparat menjaga stabilitas keamanan di Timika, Papua.

Ketua DPR Bambang Soesatyo mengungkapkan hal tersebut terkait perang antarsuku yang terjadi di Timika sebagai akibat tidak sesuainya perjanjian ganti rugi yang diberikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda).  

**Baca juga: Ditanya Akan Nyapres, Anies Geleng Kepala

"Meminta Komisi II DPR bersama Pemerintah Pusat dan Pemda untuk dapat mencarikan solusi penyelesaian konflik agar perang tersebut tidak terulang dan program Pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dapat terwujud, melalui proses belajar mengajar di Timika, Papua," ujarnya kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/2).

Selain itu pria yang akrab disapa Bamsoet ini meminta Komisi III dan I DPR yang membawahi Kepolisian dan TNI untuk menjaga stabilitas keamanan di daerah yang terjadi konflik.

"Meminta Komisi III dan Komisi I DPR mendorong Kepolisian dan TNI untuk menjaga stabilitas keamanan di daerah Timika, Papua," tukasnya.

** Baca juga: Rizieq Pulang 21.2, Polri Girang 

Ada tiga kelompok yang bertikai, yakni kelompok atas bergabung dengan kelompok bawah menyerang kelompok tengah.

Ketiga kelompok tersebut berperang menggunakan senjata tradisional berupa panah dan perang masih berlangsung hingga Minggu (18/2) kemarin. (rmol)