Sudarmo Mengajak Warga Jemaat Gereja Memilih Secara Rasional

Pjs Gubernur Provinsi Papua, Mayjen TNI (Purn) Sudarmo saat mengisi sambutan dalam kegiatan Konsultasi Pembinaan Jemaat GKI di Tanah Papua / Djarwo

JAYAPURA,- Pejabat sementara (Pjs) Gubernur Provinsi Papua, Mayjen TNI (Purn) Sudarmo, mengajak seluruh warga jemaat gereja yang ada di Tanah Papua untuk ikut berperan mensukseskan jalannya tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang dalam waktu dekat akan digelar serentak.

Demikian disampaikannya saat membuka kegiatan konsultasi pembinaan jemaat Gereja Kristen Injili (GKI) di Tanah Papua.

"Kami berharap kepada semua warga gereja untuk mendukung pelaksanaan Pilkada serentak ini dengan damai dan sukses. Maka harapan saya adalah sebagai warga negara diharapkan bisa memberikan partisipasinya untuk memberikan suaranya pada saat Pemilihan," ujarnya, Selasa (6/3).

Mantan Pjs Gubernur Aceh ini, juga mengimbau kepada warga jemaat gereja untuk selalu menjaga kebersamaan, kekeluargaan dan kekompakan antar warga Papua. Sebab menurutnya, Papua merupakan miniatur Indonesia, oleh karena itu dirinya juga mengingatkan agar warga jemaat tidak mudah terhasut oleh isu-isu yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan yang sudah berjalan dan terbina dengan baik.

"Selain itu, jangan mudah terhasut dengan kampanye hitam yang menjelek-jelekkan pasangan lain dan terutama mengatasnamakan SARA. Apabila ada kampanye-kampanye seperti itu, paling tidak kita bisa memberikan pemahaman kepada umat yang lain bahwa hal tersebut adalah provokasi yang bisa merusak bangsa di Tanah Papua ini," imbaunya.

Sudarmo juga mengajak para warga jemaat agar bisa memberikan suaranya sesuai dengan hati nurani dan menggunakan hak pilih secara rasional dan memilih dengan pemikiran yang jernih, dan bukan karena dipengaruhi oleh hal-hal yang dilarang oleh aturan.

"Pilihlah pasangan calon terbaik yang lantas akan memimpin Provinsi Papua kedepannya. Kami minta untuk ikut mendukung agar pelaksanaan Pilkada ini bisa berjalan dengan aman dan damai. Kita harapkan Pilkada tahun ini berhasil seperti Pilkada sebelumnya," ajaknya.

"Di Papua tidak pernah membedakan ras suku bangsa dan budaya lain, bahwa kita disini ialah satu warga negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu mari kita bersama mewujudkan Pilkada yang integritas, amanah dan bermartabat," tambahnya. [Djarwo]