Bupati Jayapura: Penyatuan Pemuda Harus Berkontribusi Bagi Daerah

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw/Fendi

SENTANI,– Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengaku mendukung langkah pemuda dalam upaya menyatukan kembali dua kubu Komite Nasional pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Jayapura dalam munaslub pertengahan Maret mendatang. Namun kata Mathius penyatuan kembali kedua kubu harus memberikan dampak yang baik dalam pembangunan di Kabupaten Jayapura.

“KNPI ada untuk memberikan suport terhadap kemajuan pemuda dan juga bersinergi dengan program pemerintah, untuk itu pemuda harus hadir dalam setiap kegiatan pemerintah sehingga pemuda mampu mengambil peran di masyarakat,” kata Bupati kepada wartawan di Sentani, Senin (5/3) siang.

Dikatakan, apabila pemuda tidak mengetahui pasti perannya, maka akan sulit bersinergi dengan pemerintah dalam upaya pembangunan daerah.

“Yang pertama itu organisasinya harus duduk dan berbicara baik, kemudian jika sepakat bersatu, maka harus mengetahui fokus dari kerjanya, apa yang ingin dikerjakan? Jadi tujuan dari penyatuan ini harus jelas, kemana arahnya? Pemuda harus bisa bersinergi dengan pemerintah dalam pembangunan daerah,” tegasnya.

Sebelumnya Ketua MPI Kabupaten Jayapura versi Kongres KLB Jakarta, Jimmy Yoku, mengatakan bahwa pihaknya ingin agar pemuda di Kabupaten Jayapura kembali bersatu karena pembinaan terhadap pemuda tidak berjalan di Kabupaten Jayapura, sehingga pihaknya berinisiatif untuk menyatukan dua kubu KNPI di Kabupaten Jayapura.

"Kami dari MPI dari dua kubu mengambil inisiatif untuk melakukan rapat konsolidasi, sehingga ada 70-80% OKP sepakat untuk penyatuan KNPI di Kabupaten Jayapura," katanya usai memimpin rapat konsolidasi antara OKP di Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu.

Jimmy mengungkapkan, dengan adanya kesepakatan dari semua OKP, maka hal ini menjadi sebuah momentum yang baik, guna mempersatukan kembali pemuda melalui wadah KNPI di Kabupaten Jayapura yang selama ini berjalan sendiri-sendiri, baik KNPI versi Kongres Papua maupun KNPI versi KLB Jakarta.

"Kami harapkan melalui penyatuan KNPI ini, maka ke depan proses-proses pembangunan, terutama pembangunan kepemudaan bisa berjalan dengan baik nantinya," ucapnya. [Fendi]