Pengukuhan Tim Relawan MAESA For LUKMEN

Paslon Gubernur Wakil Gubernur Papua, Lukas Enembe - Klemen Tinal berfoto bersama tim relawan Maesa dan tim Koalisi Papua Bangkit Jilid II usai acara pengukuhan, Minggu (4/3)/Istimewa

JAYAPURA, - Satu persatu tim relawan yang mendukung pasangan Calon Gubernur Papua dan Calon Wakil Gubernur Papua yakni Lukas Enembe, dan Klemen Tinal  atau yang biasa disapa LUKMEN mulai merapatkan barisan.

Jika sebelumnya Tim Relawan SOLATA dari masyarakat Ikatan Keluarga Toraja (IKT) resmi dikukuhkan, kini tim relawan dari masyarakat Kawanua Manado yang tergabung dalam MAESA resmi dikukuhkan Calon Gubernur Papua, Lukas Enembe di Hotel Horison Jayapura, Minggu (4/3).

Hadir dalam acara pengukuhan MAESA tersebut antara lain, Calon Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, Ketua Tim Koalisi Papua Bangkit Jilid II, Mathius Awoitauw, Sekretaris DPD Partai Demokrat Papua, Carolus Boly dan sejumlah partai koalisi.

Ketua Tim Relawan MAESA For LUKMEN, Ir. Jhonny Kumentas mengatakan, tim relawan ini sudah dibentuk sebulan lalu oleh beberapa tua-tua adat Kawanua yang merasa ingin berpartisipasi memenangkan LUKMEN.

Oleh sebab itu, ada sekitar 76 rukun warga Kawanua di Papua siap memenangkan LUKMEN.

"Kami memilih LUKMEN karena ternyata Calon Gubernur Papua, Lukas Enembe pernah lama tinggal di Manado. Bahkan pernah kuliah di Manado, sehingga secara tidak langsung sudah memiliki hubungan emosional  dengan warga Manado," bebernya.

"Untuk Kota Jayapura saya akan berusaha keras untuk memenangkan LUKMEN 80-90 persen," tegasnya.

Dukungan Penuh

Sementara itu, Ketua Umum Kerukunan Keluarga Kawanua (K3) Provinsi Papua, Jory Lumengkewas mengungkapkan, pihaknya menyampaikan dukungan penuh kepada relawan MAESA yang sudah mendukung LUKMEN.

Diakuinya, pihaknya akan mengerahkan segala cara dan berjuang sepenuh tenaga bahkan mengajak seluruh warga Kawanua yang di Papua berjumlah kurang lebih 80 ribu untuk merapat ke LUKMEN.

"Kami juga akan mengajak warga Kawanua yang berada di tim lain supaya kembali ke jalan yang benar dengan mendukung LUKMEN," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya mengakui bahwa LUKMEN sudah banyak membantu warga Kawanua di Papua ini. Oleh karena itu, bentuk dukungan ini adalah salah satu keputusan yang tepat dari Kawanua yang akan ikut membangun Papua.

Ketua Tim Koalisi Papua Bangkit Jilid II, Mathius Awoitauw menyampaikan selamat atas pelantikan tim relawan MAESA For LUKMEN dan menyampaikan terima kasih karena sudah mau bergabung untuk memberikan dukungan kepada LUKMEN.

"Tim ini semoga bisa memberikan semangat untuk LUKMEN. Sebab, pasangan LUKMEN adalah pasangan yang terbaik di Papua. Hanya dua tokoh ini yakni LUKMEN yang bisa menjaga NKRI di Papua dan membuat tanah Papua aman serta damai," ujar Mathius.

Sementara itu, Calon Gubernur Papua, Lukas Enembe menceritakan sejarah perjalanan pendidikannya hingga bisa di Manado dan bagaimana pengalaman hidupnya di kota Nyiur Melambai tersebut.

"Saya dulu lulus dari SMAN 3 Sentani kemudian ke Gorontalo ikut kuliah FKIP tapi saya tinggalkan sampai semester 4 karena saya tidak mau jadi guru. Selanjutnya berangkat ke Manado untuk lanjut kuliah di Unsrat mulai dari semester 1," ungkapnya.

Mengenai pencalonan Pilgub Papua ini, Enembe menjelaskan lagi bahwa dirinya bersama Klemen Tinal adalah satu-satunya calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang maju dengan pasangan yang sama alias pasangan petahana.

"Visi misi LUKMEN jelas. Jadi jangan ragu-ragu. Untuk itu, terimakasih dukungan MAESA untuk kami," ucap Lukas. [Riri]