Tempat Upacara Kemerdekaan Tertinggi Ada di Papua

Pelaksanaan Upacara Peringatan HUT di Tembagapura/Roberth

TEMBAGAPURA,-Upacara Hari Kemerdekaan RI ke-73, PT Freeport Indonesia menggelar upacara bendera di ketinggian 2.958 meter dari permukaan laut di lapangan Tembagapura, Papua, Kamis (17/8).

Upacara dihadiri oleh 1.000 orang, terdiri dari karyawan Freeport, masyarakat dan komunitas setempat, sekolah-sekolah, TNI dan Polri. Upacara ini juga sebagai tradisi kangen-kangenan karyawan PT Freeport karena bisa mengumpulkan banyak karyawan.

"Iya rasanya inilah tradisi yang bisa ngumpulin banyak karyawan di satu tempat dan jadi ajang pertemuan dan kangen-kangenan,"ujar Riza Pratama, Vice Presiden Communication PT Freeport Indonesia di Sporthall Tembagapura, dalam rilisnya yang diterima wartaplus.com, Jumat siang.

Kepala Teknik Tambang PT FI selaku Inspektur Upacara, Zulkifli Lambali dalam sambutannya mengatakan,   PT FI dan pemerintah Indonesia sudah menandatangani kesepakatan dasar, dan hal tersebut merupakan sebuah langkah maju.

"Kita Optimis dan menyambut baik kesepakatan dasar dengan pemerintah ini. Besar harapan kami bahwa kesepakatan ini akan mendorong menyelesaikan sebagian ketidakpastian yang kita hadapi dalam beberapa tahun belakangan ini dan mampu membangun jalan menuju masa depan yang cerah bagi pekerja, masyarakat Papua dan seluruh bangsa Indonesia yang memperoleh manfaat dari operasi PT FI,"katanya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga menyampaikan penghormatan dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh masyarakat sekitar wilayah tambang PT FI khususnya, dan masyarakat Papua pada umumnya, Pioneer, para pendahulu PT FI, pemerintah RI, Pemda, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

"Terima kasih atas perhatian, masukan dan kerjasamanya, sehingga PT FI dapat mendedikasikan pengabdiannya kepada bangsa Indonesia khususnya Papua,"ucapnya.

Dirinya juga merasa bangga kepada seluruh divisi dalam jajaran PT FI, dimana menurutnya semua dedikasi, ketulusan dan tanggung jawab sudah dibuktikan dengan baik.

"Angin segar kebanggan yang tinggi sebagai karyawan PT FI mulai bersemi kembali dan terasa pada rangkaian penyelenggaraan HUT RI kali ini," tambahnya.*