Dispendukcapil Jayapura Luncurkan Aplikasi E-Waniambey

Aplikasi E-Waniambe/Djarwo

JAYAPURA,-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Jayapura meluncurkan aplikasi digital terbaru bernama E-Waniambey bersamaan dengan hari penutupan Pameran Pembangunan Kota Jayapura, di GOR Waringin, Kotaraja, Rabu (15/8).

Kepala Disdukcapil Kota Jayapura, Merlan Uloli mengatakan, aplikasi tersebut dinamakan Waniambey untuk menghargai kearifan lokal sekaligus mempromosikan bahasa daerah port Numbay.

"Ini dilakukan untuk mengatasi latar belakang tingginya penduduk ber-KTP luar di kota Jayapura,"ujar Merlan.

Ungkapnya, aplikasi tersebut diluncurkan untuk mengetahui data akurat penduduk ilegal dan KTP luar di kota Jayapura juga untuk mengetahui mobilitas penduduk baru.

"Aplikasi ini untuk melakukan pendataan penduduk non permanen atau penduduk tidak tetap, yang diwajibkan untuk penduduk luar Kota Jayapura yang bersekolah, kerja maupun tinggal selama kurang lebih enam bulan," jelasnya. 

Sementara itu, Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano mengatakan, lewat peluncuran aplikasi tersebut, membuktikan bahwa Pemerintah kota Jayapura terus memberikan inovasi dalam melayani masyarakat.

"Malam ini kami telah meluncurkan pelayanan digital E-Waniambey bagi para masyarakat yang datang berkunjung dan sementara berada di wilayah kota Jayapura,"ujarnya.

Tambah Benhur, hal itu dilakukan mengingat tingkat urbanisasi di Jayapura cukup tinggi, dengan rata-rata 20 ribu warga yang masuk ke kota Jayapura.

"Ini harus di perhatikan pendataannya secara akurat seperti tempat domisili dan lainnya. Jadi kita bisa memantau dan membatasi gerak gerik orang-orang yang ingin bertindak kriminal di Kota Jayapura,"tandasnya. 

Sebagai informasi, aplikasi E-Waniambey yang baru saja diluncurkan oleh Disdukcapil Kota Jayapura adalah inovasi berbasis Android yang bisa diunduh secara gratis di google Play store.*