Kampung Klayas Menjadi Pilot Project Kampung Sehat Pertamina

2. Pjs GM Pertamina (tiga kiri) saat menyerahkan bantuan peralatan kebersihan kepada warga Kampung Klayas/Ola

SORONG,-Melalui program Pertamina Sehat, Pertamina RU VII Kasim menjadikan Kampung Klayas Distrik Seget Kabupaten Sorong, Papua Barat sebagai Pilot Project Kampung Sehat.

Pencanangan Kampung Sehat pada Sabtu (3/3) tersebut diawali dengan kegiatan bersih-bersih lingkungan oleh pegawai Pertamina, warga dan pelajar setempat. Serta dilanjutkan dengan pemberian hibah 60 pasang perlengkapan kebersihan seperti tong sampah, sapu dan serok sampah.

PJS GM Pertamina RU VII Kasim, Nahor Panglamba yang kesehariannya menjabat Manager Operation Pertamina RU VII Kasim menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial pertamina kepada masyarakat sekitar operasional kilang Kasim.

Adapun tujuan dari Kampung Sehat tersebut yaitu mewujudkan masyarakat yang mandiri dan berperilaku hidup bersih dan sehat.

"Kami berharap hidup mandiri dan perilaku hidup sehat dapat dimulai dari keluarga terkecil atau setiap rumah tangga kemudian berdampak ke lingkungan kampung. Kami fokus ke Kampung ini dulu, nanti kalau berhasil baru kami rencanakan ke Kampung lainnya di wilayah operasional Kilang," ujar Nahor.

Selain pencanangan kampung sehat, sebelumnya Pertamina juga melalui program Sehatinya mendukung perangkat tenaga kesehatan bagi masayarakat setempat dengan pelayanan kesehatan yang memadai. Serta program Pertamina cerdas dengan memberikan beasiswa bagi pelajar SMA dan Kuliah agar tidak putus sekolah karena faktor biaya.

Sedangkan Kepala Kampung Klayas, Benjamin Katumlas memberikan apresiasi kepada Pertamina yang konsisten membangun masyarakat kampung Klayas bukan hanya fisik infrastruktur tetapi juga bidang pendidikan dan kesehatan.

"Kami sangat senang dan bahagia dengan program dan bantuan ini. Saya himbau kepada warga masyarakat kampung Klayas supaya dapat memanfaatkan bantuan sebaik mungkin dengan menjaga kebersihan rumah tangga dan lingkungan supaya sehat," himbau Benjamin.

Benjamin pun berharap kedepannya Pertamina dapat melakukan program lanjutan guna meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan warga Klayas. [Ola]