Hendak Selundupkan Ganja Ke Sorong, Dua Pemuda Ditangkap

Dua pelaku saat diamankan di Mapolsek KPL Jayapura/Humas

JAYAPURA,- Hendak selundupkan ganja kering untuk diedarkan di Kabupaten Sorong, Papua Barat, menggunakan Kapal Motor (KM) Dobonsolo, dua remaja yakni AK (24) dan BY (19) ditangkap  pihak Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Laut Jayapura, Selasa (14/8) dinihari.

Kedua pelaku ditangkap saat embargasi penumpang naik di pelabuhan laut Jayapura. Keduanya membawa ganja kering sehingga langsung diamankan di Mapolsek KPL Jayapura untuk selanjutnya diserahkan kepada Sat Narkoba Polres Jayapura Kota guna ditindaklanjuti.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Laut Jayapura, Iptu Joko Prayogo mengungkapkan dari tangan kedua pelaku pihaknya berhasil mengamankan ganja kering siap edar sebanyak empat plastik bening berukuran besar yang disimpan di dalam tas ransel di salah satu pelaku.

"Rencana Ganja itu akan dibawa menggunakan kapal dengan tujuan akan diedarkan ke Sorong Papua Barat," ungkap Joko.

Kata Joko dari hasil introgasi, pengakuan pelaku mengungkapkan kalau ganja tersebut bukan miliknya melainkan titipan seseorang berinisial BM.

"Sudah ada satu nama yang dikantongi tapi nantinya akan dikembangkan lagi oleh penyidik Sat Narkoba," ujarnya.

Lanjut Joko, sejauh ini pelabuhan laut Jayapura merupakan sasaran empuk para oknum pelaku yang hendak menyelundupkan ganja kering entah itu di Papua maupun Papua Barat. Namun menyikapi banyaknya penyelundupan ganja maupun minuman keras, pihaknya terus berupaya membangun kerja sama dengan stekholder terlihat yang ada di pelabuhan serta meningkatkan pengawasan di Pelabuhan Laut Jayapura. *