4 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kanker

Jauhi 4 Makanan ini Maka Kanker Tak Akan Bersarang di Tubuh Anda

net

WARTAPLUS - Ada berbagai pendapat tentang apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita kanker. Kebanyakan setuju kalau penderita kanker mempunyai beberapa pantangan makanan yang memang wajib dihindari.

Ada juga beberapa orang yang tidak setuju dan memperbolehkan penderita kanker untuk mengkonsumsi apapun yang diinginkan supaya tidak merasa terbatasi. Namun apapun alasannya, makanan yang dikonsumsi penderita kanker ternyata memang berpengaruh besar terhadap proses kesembuhan. Berikut daftar Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kanker.

· Alkohol

Apabila Anda merupakan penderita kanker, mulai saat ini usahakan untuk menhindari pengonsumsian alkohol. Beberapa penelitian sudah menemukan bahwa alkohol bisa meningkatkan resiko terhadap beberapa penyakit kanker seperti kanker tenggorokan, mulut, laring, esofagus, hati dan payudara.

Seseorang yang terdiagnosis kanker perlu menghindari minuman beralkohol lantaran minuman ini bisa meningkatkan resiko terhadap munculnya kanker baru. Alkohol diketahui dapat meningkatkan kadar estrogen dalam darah saat alkohol bercampur dengan darah. Alkohol diurai menjadi asetaldehid oleh hati yang sifatnya karsinogen.

Bila karsinogen tersebut tidak dihilangkan oleh hati, maka dapat sebabkan mutasi gen dan perubahan struktur DNA. Kondisi tersebut sebabkan produksi sel kanker berkembang tidak terkendali dan sebabkan kanker payudara, mulut, paru paru, dan hati. Bahkan efek alkohol lebih buruk pada wanita yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas.

· Makanan yang mengandung lemak tinggi

Makanan yang harus dihindari oleh penderita kanker selanjutnya adalah makanan yang mengandung lemak tinggi. Menurut American Cancer Society makanan yang kaya lemak jenuh dapat tingkatkan resiko kanker kambuh kembali atau kanker bertambah parah.

Tapi jangan khawatir, tak semua lemak terbukti mampu meningkatkan resiko kanker. Yang perlu Anda hindari adalah lemak jenuh yang terdapat pada makanan seperti paha ayam, daging sapi, olahan daging asap atau panggang, krim susu, mentega, keju, susu, ayam goreng, kentang goreng, kuning telur, biskuit, kue, jeroan, makanan kemasan dan makanan cepat saji.

· Sayuran mentah

Memang sayuran mentah mengandung mineral, vitamin dan serat. Banyak penderita kanker yang berpikir bahwa dengan mengkonsumsi sayuran mentah dapat membantu mereka merasa lebih baik.

Namun pada kenyataannya, Anda harus memasak sayuran tersebut sebelum dimakan guna memastikan keamanannya terlebih jika Anda sedang melakukan kemoterapi. Menurut dr. Jennifer Sabol, kemoterapi dapat menurunkan jumlah sel darah putih dan menurunkan daya tahan tubuh.

Sayuran mentah seperti seledri dan mentimun mempunyai kemungkinan lebih bersar terkontaminasi bakteri jika dibandingkan sayuran yang sudah dimasak. Ini mungkin tidak menjadi masalah bagi seseorang yang tidak mempunyai kanker. Tapi bagi penderita kanker yang mempunyai daya tahan tubuh lebih rendah justru sangat membahayakan.

Sayuran mentah merupakan makanan penderita kanker yang wajib dihindari. Anda dapat memasaknya dan menyajikan sayuran-sayuran mentah tersebut menjadi santapan yang lezat.

· Makanan yang dibakar dan diawetkan

Makanan yang diawetkan memiliki kandungan kimia yang bisa berubah menjadi karsinogenik begitu pula dengan makanan yang dibakar. Makanan yang dibakar terutama dibagian yang hangus atau gosong memiliki kandungan zat karsinogen, salah satu zat yang dapat sebabkan kanker.

Anda juga tidak dianjurkan mengkonsumsi ikan asin karena diolah dari bahan yang tak segar serta telah diawetkan lumayan lama bisa mengalami penguraian. Sehingga, menjadi bahan alergen yang mengundang reaksi imunitas tubuh. Alhasil, tubuh pun merasa gatal, demam dan bahkan membengkak.

Bagi penderita kanker akan muncul reaksi berdenyut–denyut dan muncul rasa nyeri dibagian tubuh yang terserang kanker. Ikan asin juga dapat sebabkan gangguan permeabilitas jaringan tubuh, permukaan luka tampak basah dan terkadang terjadi perdarahan.

Satu lagi yang lebih memprihatinkan, sejumlah produsen yang mengolah ikan kerap menambahkan formalin, bukan untuk pengawet makanan. Formalin tersebut mempunyai sifat hepatotoksik atau racun untuk organ hati. Sehingga makin lama akan makin mengganggu sistem kerja sel dan juga jaringan yang akhirnya menjadi pemicu kanker.

Itulah pembahasan mengenai 4 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kanker. Setelah mengetahuinya, diharapkan Anda bisa lebih memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi. Semoga bermanfaat. [net]