Meriahkan HUT Kemerdekaan, Pemprov Papua Gelar Berbagai Lomba Olahraga

Ilustrasi HUT RI ke-73/Net

JAYAPURA,-  Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi Papua menggelar berbagai lomba olahraga, diantaranya jalan santai, lomba lari 10 KM, lomba gerak jalan etafet 45 KM, lomba Futsal Daster Cup Forkompinda, lomba tari yospan dan senam kreasi Papua dan lomba dayung tradisional. 

Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Papua, Timothius Matuan kepada pers di Jayapura, Rabu (8/8) menyatakan, lomba olahraga ini akan dimulai Jumat, 10 sampai 18 Agustus 2018.

"Sesuai dengan jadwal kegiatan yang sudah dibuat, kegiatan lomba olahraga dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia, akan dimulai, Jumat (10/8) pagi, dengan agenda pertama, jalan santai berhadiah, star dari taman Imbi dan finish di Kantor Gubernur Dok II Jayapura  dan senam poco-poco dance 2018," beber Timothius selaku koordinator lomba.

Adapun para peserta yang ingin mengambil bagian dalam lomba olahraga, sebut Timothius, bisa menghubungi panitia di nomor telepon 082198032026 (Ihwan Bauw), 085243805988(Rusdi Tuahuns), 085254396645 (Kapten Jimi).

Untuk lomba futsal, panitia akan membuka pendaftaran bagi peserta  dengan kategori umum, SKPD dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda). Untuk kategori Forkompinda, kata Thimotius, para pejabat Papua akan bermain futsal menggunakan daster.

“Jadi semua pejabat SKPD dan pejabat BUMD, BUMN, kita libatkan semua, mereka akan bermain futsal pakai baju daster,”ujarnya

Sementara untuk lomba lari 10 KM, lanjut dia, star dimulai dari Depan Kantor Lantamal X Jayapura dan finish di Kantor Gubernur Dok II Jayapura. Kemudian, estafet 45 KM star di depan Kantor Auri Jayapura dan finish di Kantor Gubernur Dok II Jayapura.

Panitia HUT kemerdekaan RI tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Dimana, sebut Thimotius, hadiah lomba lari 10 KM tidak hanya juara  pertama, kedua dan ketiga yang mendapat hadiah. Tetapi panitia menyiapkan hadia kepada 50 orang putra dan putri. 

"Jadi, kita siapkan hadiah berupa sembako kepada 50 peserta putra dan putri yang masuk finish pertama hingga urutan ke 25,” sebutnya.

Sementara untuk lomba lari 10 KM dan estafet 45 KM akan dikoordinir langsung oleh Kodam XVII Cenderawasih dan lomba dayung tradisional Lantamal X Jayapura. 

“Kami memberikan kesempatan kepada masyarakat Papua di wilayah Jayapura dan sekitarnya untuk mendaftar kepanitia dan ikut ambil bagian bersama-sama memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan RI,”ajaknya.*