Delegasi Porserosi Papua Terlibat Langsung di Ajang Asian Games 2018

Waketum PB Porserosi bersama Presiden Joko Widodo/Istimewa
JAYAPURA,-Dari enam orang delegasi Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Porserosi) Papua yang akan bertugas sebagai Panitia Pelaksana, dua diantaranya akan terlibat langsung dalam cabang olahraga Sepatu Roda Rollersport Asian Games 2018.
 
Dua orang delegasi tersebut yakni Yonas Randa Bua sebagai National Technical Officer (NTO) dan Roberth. V sebagai Kasubid Media.
 
"Dalam momentum ini, Porserosi Papua menitipkan ke Panpel Asian Games 2018 pada cabor Rollersport, dua putra terbaiknya, mereka yakni Yonas Randan Bua sebagai NTO (National Tecnical Officer) dan  Roberth V sebagai Kasubid Media. Dua orang ini harus terekspos, apalagi NTO itu sebagai Wasit dan Juri. Harusnya KONI Papua beri perhatian akan prestasi ini, sebab NTO adalah bagian krusial dalam sebuah pertandingan, dan disana ada anak-anak Papua," ujar Wakil Ketua Umum PB Porserosi yang juga selaku Ketua Tim Kontingen Indonesia, Jefry Abel, Rabu (8/8).
 
Jefry Abel sekitar pukul  16.00 WIB  hari ini,  akan memimpin Kontingen Indonesia menghadap Presiden Joko Widodo, kemudian akan dilepas untuk mengikuti Asian Games XVIII di Jakarta dan Palembang.
 
Diriya menuturkan, jika berbicara prestasi olahraga, ada tiga komponen utama yakni Pengurus, Pelatih dan Atlet. Selama ini menurutnya, banyak yang hanya memahami tentang atlet dan prestasinya, sementara pelatih terpinggirkan.
 
"Atlet diekspos habis-habisan dan semua lupa bahwa di belakang atlet hebat ada pelatih hebat di bawah payung pengurus yang berkinerja hebat pula," ungkapnya.
 
Sementara itu, Persatuan Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi) Papua sebelumnya telah mengirim enam anggotanya untuk ikut sebagai panitia pelaksana pesta olahraga Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Mereka akan terlibat dalam Panpel Rollersport yang akan dilaksanakan tanggal 31 Agustus di Jakabaring Palembang. Mereka adalah Jeffry Abel, VS Roberth I, Yonas Randan B, Rudolf A Korua, Samson Axelido S Wayoi dan Niko Ramandey.

Jefry mengatakan, ini adalah momentum bersejarah bukan buat Indonesia saja, namun khususnya untuk Papua. Sebab dua tahun kedepan Papua akan menjadi tuan rumah PON XX.

"Asian Games 2018 ini sebagai sarana belajar bagi teman-teman ini dalam mempersiapkan, melaksanakan, sampai menyelesaikan sebuah multi event olahraga terbesar kedua setelah olimpiade. Dan juga dapat mengadopsi penyelenggaraan Asia Games khususnya di cabang olahraga sepatu roda," ujarnya.

Jeffry Abel yang akan bertanggungjawab sebagai Kabid Sarana Prasarana dalam cabang olahraga Rollersport di Jakabaring nanti mengharapkan kesuksesan dalam penyelenggaraan dan sukses prestasi dalam mencapai 10 besar pada Asian Games ini.

"Untuk itu kita semua yang terlibat nantinya di Jakabaring siapapun itu, harus profesional dalam menjalankan tugas. Jangan bekerja setengah hati namun kerjalah dengan dedikasi yang tinggi sama seperti pahlawan-pahlawan olahraga kita yang akan bertanding mengharumkan nama bangsa dan negara," tandasnya.*