Pasukan Marinir Gempur Sorong

Latihan khusus peningkatan profesionalitas pasukan Marinir (Pasmar) II Surabaya dan pasukan Marinir III Sorong/Ola

SORONG,-Satu Batalyon Marinir dari Pasukan Marinir (Pasmar) II Surabaya dan Pasukan Marinir III Sorong, menggempur Sorong sejak Senin (6/8) malam hingga Selasa (7/8).

Gempuran pasukan elit TNI AL tersebut dalam rangka latihan khusus peningkatan profesionalitas prajurit Marinir dalam menjaga kedaulatan NKRI sekaligus memperkenalkan Marinir kepada masyarakat.

"Latihan ini adalah latihan rutin yang dilakukan setiap tahunnya dari Sabang sampai Merauke. Tahun ini diwilayah Barat di Dabo Singkep dan wilayah Timur di Sorong dengan melibatkan 1 batalyon Marinir. Tujuannya untuk meningkatkan profesionalitas prajurit sekaligus memperkenalkan TNI AL," ujar Panglima Armada III, Laksamana Muda ING Ariawan usai di Lapangan Hokky, Kota Sorong, Papua Barat, Selasa (7/8).

Adapun latihan khusus yang dilakukan yaitu pendaratan khusus yang dilakukan Senin malam di Pelabuhan Feri Kota Sorong dan pendaratan di Bandara DEO Sorong. 

Sedangkan pada Selasa, prajurit Marinir bersama sejumlah Taruna Taruni BP2IP, SUPM Sorong, TNI AL, TNI AD, Kepolisian, Paskibra dan pelajar melakukan aksi kirab dan pawai kendaraan tempur.

Usai defile didepan podium, dilanjutkan dengan atraksi penyerangan darat dan laut oleh prajurit Marinir, Kolone senjata, penerjunan payung dan penampilan band Gung Ho yang diawaki prajurit Marinir.

Selain itu, kegiatan yang dipusatkan di lapangan Hokky juga diadakan bakti sosial pengobatan gratis, pembagian makan gratis dan pameran peralatan dan perlengkapan tempur.

Kegiatan yang dilakukan tersebut mendapatkan respon positif dari masyarakat. Mereka menganggap keberadaan Marinir di tengah masyarakat dapat menciptakan rasa aman dan nyaman.

Sayangnya dalam aksi yang menyedot perhatian masyarakat itu tidak nampak petinggi daerah. Hanya asisten 3 Kabupaten Sorong yang hadir dan menerima cindera mata sekaligus brifet dari Panglima Armada.

Kegiatan diakhiri dengan penembakan Meriam oleh Panglima Armada dan Asisten 3, Klaas Osok.
Hadir dalam kegiatan tersebut,  Kasarmada lll Laksma Dadi Hartanto M. Tr (han), Danpasmar 2 Brigjen mar Endi Supardi, Danpasmar 3 Brigjen mar Amir Faisol S. Sos, Sejumlah asisten, Kapolres Sorong Kota, AKBP Mario Christy Siregar dan perwakilan satuan lainnya.*