Ring Road Terbengkalai, Begini Jawaban Penjabat Gubernur Papua

Jalan Lingkar atau Ring Road Hamadi-Skyline yang nampak belum selesai/Papua.go.id

JAYAPURA,- Festival Teluk Humboldt X yang digelar di atas jalan lingkar (Ring Road) Hamadi - Skyline, seolah menjadi tamparan keras bagi pemerintah Provinsi Papua. Pasalnya, Ring Road tersebut nampak terlihat terbengkalai.

Keluhan itu pun diucapkan Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Port Numbay, George Awi saat memberikan sambutannya di pembukaan festival Teluk Humboldt X, Minggu (5/8) lalu.

Kata dia, selama tujuh tahun jalan lingkar itu terbengkalai dan tidak ada kepastian kapan akan dilanjutkan pembangunannya.

"Ini sebuah atensi untuk Penjabat Gubernur. Dimana jalan ini dibangun tujuh tahun lalu dengan menggunakan uang rakyat, tapi sampai sekarang belum selesai, tidak tahu apa penyebabnya," ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano. Ia berharap agar jalan lingkar tersebut dapat diselesaikan, sehingga bisa segera digunakan.

"Jembatan ini terbengkalai, kami mohon Pemprov Papua bisa menyelesaikannya tepat waktu. Di sini juga letak kampung saya, Kampung Tobati. Saya anak asli Port Numbay. Kami bangga kota kami bisa berkembang seperti ini," tutur Benhur.

Menanggapi hal itu, Penjabat Gubernur Provinsi Papua, Soedarmo pun menyadari jika pembangunan jalan lingkar itu menjadi yang paling terlama di Indonesia. Namun dirinya meyakinkan bahwa tahap pembangunan jalan tersebut sedang dalam proses, dan akan digunakan pada 2019 mendatang.

"Saya ingin berikan jawaban bahwa jalan ring road yang sekarang kita pakai ini sudah tujuh tahun dan menjadi yang paling lama. Tapi jangan khawatir Pak, ini semua sudah di proses. Semoga ini bisa terus berlanjut pembangunannya dan paling tidak tahun 2019 ini sudah bisa digunakan," katanya.

Bahkan Soedarmo menegaskan, jika pembangunan tersebut tidak juga rampung, ia tak segan-segan meminta Kejaksaan Tinggi untuk segera turun tangan.

"Kalau belum juga selesai, saya akan minta ke Pak Kajati, kira-kira ini kenapa tidak selesai-selesai," tegasnya.

Pembangunan Ring Road atau jalan lingkar yang akan menghubungkan Hamadi - Skyline itu, sudah mulai dibangun sejak 2010 silam, namun pembangunannya terhenti karena kurangnya anggaran. *