Paslon JOSUA Digaransikan Menang di Yahukimo

Masyarakat Yahukimo yang menghadiri kampanye Paslon JOSUA di lapangan pendidikan, Dekai / Istimewa

JAYAPURA,- Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua, Jhon Wempi Wetipo - Habel Melkias Suwae (JOSUA), saat menggelar kampanye perdana di Yahukimo, Kamis (1/3), menuai dukungan penuh dari masyarakat.

Dalam kampanye tersebut, Kepala Suku Umum Yahukimo, Alipi Yalak, telah bersepakat dengan beberapa kepala suku di Yahukimo dan juga masyarakat untuk tak menerima kehadiran calon lain berkampanye di wilayah mereka. “Silahkan datang. Tapi kami akan palang jalan,” tekannya.

Pernyataan yang sama juga dilontarkan oleh Kepala Suku Hubla, Arkilus Asso, yang mengungkapkan akan memberikan dukungan sepenuhnya kepada Pasangan JOSUA, demi kepentingan pembangunan di Yahukimo.

“Saya punya basis suara, yakni kurang lebih 100 ribu suara, ketika mencalonkan sebagai Bupati Yahukimo beberapa tahun lalu. Saya yakin suara itu akan di bungkus untuk Pasangan JOSUA,” akunya.

Hal itu di ungkapkan Arkilus, lantaran sampai saat ini pemerintah sebelumnya tak kunjung merealisasikan aspirasinya, yakni membantu pembukaan akses jalan Wamena (Kabupaten Jayawijaya) - Kurima-DEKAI (Kabupaten Yahukimo).

“Saya adalah mantan tim sukses paslon sebelumnya. Tapi aspirasi saya yang mewakili masyarakat tak kunjung terpenuhi. Itulah alasan saya mendukung JOSUA,” kata Arkilus yang pernah menjabat Wakil Bupati Yalimo.

Minimnya kepercayaan kepada pemerintah sebelumnya, ungkap Arkilus, diibaratkan seperti rumput dan pohon yang mulai mengering.

“Nah, kita butuh sosok pemimpin yang menyuburkan lagi pohon yang kering itu, guna membawa perubahan,” paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Pemenangan Papua Cerdas (JOSUA), Nathan Pahabol mengungkapkan kepada masyarakat, agar tak lagi di bohongi oleh calon yang kerap memberikan janji manis.

“Kita harus memilih calon yang tepat dan mau mengunjungi kita, bahkan memperhatikan pembangunan di daerah ini. Pasangan JOSUA melalui JWW, selama ini kerap memperhatikan masyarakat Yahukimo yang ada di Korowai. Nah itu dilakukannya, tanpa harus diminta. Lalu, sudah ada orang yang rela memberikan waktu, materi dan pikiran, serta kerendahan hatinya memperhatikan kita, maka tak perlu lagi kita cari calon yang lain,” ungkapnya.

Nathan juga menyampaikan, selama ini suku-suku berasal dari Sentani, Biak, Serui dan Dani sudah menjadi Gubernur Papua, namun dari Yali atau Hubla belum pernah mendapat kesempatan.

“Ini menjadi momentum untuk membawa Pasangan JOSUA yang berasal dari Yali dan Hubla untuk memimpin Provinsi Papua melalui Wempi Wetipo. Maka dari itu, mari kita sepakat untuk ikat suara dan diberikan kepada Pasangan JOSUA,” ujarnya.

Di Kabupaten Yahukimo sendiri, terdapat 51 Distrik dan 517 Kampung, dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) kurang lebih 300.000 orang atau DPT terbesar nomor dua setelah Kota Jayapura untuk daerah di Provinsi Papua. [Djarwo]