Pemprov Papua Berencana Promosikan Kopi di Boston dan Perancis

Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo bersama Forkopimda meninjau setiap stand yang menyediakan berbagai macam kopi/Andi Riri

JAYAPURA,- Pemerintah Provinsi Papua berencana mempromosikan kopi asli Papua di Boston, Amerika Serikat dan juga Negara Perancis dalam waktu dekat. Hal ini sebagaimana disampaikan Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo Festival Kopi Papua yang digelar di halaman kantor Bank Indonesia, Kota Jayapura, Jumat (3/8) sore.

Acara festival kopi ini digelar oleh BI perwakilan Papua bekerjasama dengan  Pemerintah Provinsi Papua dan perbankan, serta melibatkan para pengusaha kedai kopi yang ada di Jayapura dan sejumlah petani kopi.

"Jadi promosi kopi Papua ini tidak hanya kami lakukan di dalam negeri, tetapi akan kami lakukan di luar negeri melalui mitra, yang mana nantinya ada pameran kopi di Boston, termasuk September nanti saya akan kirim tim untuk ikut pameran di Menara Eiffel," ujar Soedarmo

Dia mengakui, kualitas kopi Papua tidak kalah enak dengan daerah lain yang ada di Indonesia bahkan luar negeri. Sebab selaku penikmat kopi, Soedarmo bisa membandingkannya.

"Saya sudah ketemu dengan mantan Dubes Kolombia, dan kami bandingkan kopi Papua dengan Kolombia ternyata Papua masih lebih enak,"akunya.

Apresiasi

Soedarmo merasa bangga dam mengapresiasi penyelenggaran festival kopi.

"Ini bisa terwujud dan dilaksanakan di Papua, berkat kerjasama antara pemerintah provinsi dengan perbankan,"ujarnya. 

"Saya sebagai penjabat gubernur memang menginginkan adanya perubahan terkait dengan pertumbuhan ekonomi yang bukan hanya dihasilkan oleh pertambangan saja, tetapi dari komoditas-komiditas lain seperti pertanian, kehutanan, perikanan dan perkebunan,"sambungnya.

Di kesempatan itu Soedarmo berharap kedepan festival kopi tidak hanya diselenggarakan di Papua, tetapi harus dilaksanakan di luar Papua. Sebab kata ia, ini juga dalam rangka mengembangkan ekonomi baru yang berasal dari komoditas unggulan yang ada di Papua, yakni kopi dan sagu. 

"Saya lihat dua komoditas ini sangat unggul, maka saya berfikir bagaimana bisa kembangkan menjadi produk unggulan dunia internasional. Ini opsesi saya sebagai penjabat gubernur Papua, meskipun waktu saya hanya sebentar saja,"terangnya.

Ditempat yang sama, Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano (BTM) mengaku siap mendukung pemerintah provinsi Papua dalam mengembangkan komoditas lokal Papua, dengan mengedepankan pangan lokal di setiap kegiatan.

Melalui festival,katanya, jelas dapat meningkatkan daya saing daerah, meningkatkan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan para petani kopi di Papua.

"Memang di Kota Jayapura kami tidak tanam kopi, tetapi kami warga kota penikmat kopi terbesar,"ujar BTM 

Untuk itu dirinya berharap, kedepan kopi Papua tidak hanya diperkenalkan di Papua saja, tetapi bisa terkenal di seluruh Indonesia hingga luar negeri.

"Kedepan kita harus bisa tampikan kopi-kopi Papua di Bandar Udara Soekarno Hatta dan hotel-hotel  yang ada di Jakarta," katanya.

Festival Kopi Papua yang digelar sejak Pukul 15.00 WIT, di Halaman Kantor Bank Indonesia langsung dibanjiri pengunjung. Rata-rata masyarakat yang datang langsung menyerbu kedai-kedai kopi yang ada untuk menikmati berbagai macam kopi yang disajikan dari berbagai daerah. Tidak hanya,kopi di festival tersebut juga disajikan beragam kuliner yang berbahan dasar sagu.*