Pertamina Kesal dengan Aksi Sopir Truk Tangki yang Menghalangi Distribusi BBM

Aksi Supir Truk Tangki yang menghalangi Pendistribusian BBM di Tobelo / Istimewa

JAYAPURA,- Ulah sopir truk tangki dari PT Cakratama Megah Lestari dan PT Tobelo Lestari mengakibatkan terganggunya pelayanan distribusi BBM di Tobelo, Halmahera Utara, Maluku Utara. 

Sejak Rabu (1/8) kemarin, para sopir tersebut melakukan demonstrasi dengan cara menutup akses masuk dan keluar dari Terminal BBM (TBBM). 

Kedua transportir BBM tersebut menolak pola baru kerjasama distribusi, padahal pola tersebut juga telah diterapkan di daerah lain di Maluku Papua seperti Jayapura, Namlea, Masohi, Wayame, Sorong, Timika, dan Ternate sudah berjalan tanpa menimbulkan masalah. 

Di Tobelo sendiri hanya PT Cakratama Megah Lestari dan PT Tobelo Lestari yang tidak setuju, walaupun sebagian sopir truk tangkinya telah ikut bergabung diprogram ini. Pelaksanaan pola baru tersebut dilakukan Pertamina dalam rangka program pengendalian agar distribusi BBM tepat sasaran.

Menanggapi aksi tersebut, Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VIII Maluku Papua, Eko Kristiawan menyampaikan bahwa aksi para sopir mobil tangki yang merugikan masyarakat tersebut tidak dapat dibenarkan karena TBBM merupakan obyek vital nasional yang dilindungi negara. 

“Apapun alasannya, obyek vital nasional tidak boleh diganggu karena menyangkut hajat hidup orang banyak dan pelakunya dapat dikenakan pasal pidana," kata Eko, dalam rilisnya, Kamis (2/8).

Saat ini, Pertamina menunggu rekomendasi otoritas keamanan dan pemda untuk segera menyalurkan BBM. Pertamina tidak menghendaki distribusi BBM di daerah Tobelo dan sekitarnya terhambat dan mengakibatkan BBM langka hanya karena ulah segelintir sopir truk tangki.*