Gempa 4,9 SR Membuat Panik Warga Sentani Kabupaten Jayapura

Ilustrasi gempa bumi

JAYAPURA, - Kabupaten Jayapura, Papua diguncang gempa berkekuatan 4,9 Skala Richer (SR) pada pukul 18.12 WIT, yang berlokasi di 2,67 Lintang Selatan (LS) dan 140,37 Bujur Timur (BT).

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura, gempa dirasakan di Sentani, Jayapura dan Genyem pada kedalaman 13 kilometer.

Tidak ada pengumuman dari otoritas setempat mengenai kewaspadaan terjadinya tsunami.

Sementara itu dari pantauan di lapangan, warga di Sentani ibukota Kabupaten Jayapura terlihat panik. Seperti yang nampak di salah satu hotel, dimana para tamu  berhamburan keluar gedung.

Tiara, salah satu pengunjung hotel kepada wartaplus.com mengaku kaget dan panik saat gempa terjadi.

"Pastinya panik, apalagi beberapa waktu lalu juga terjadi gempa dan cukup lama dirasakan gempanya," aku Tiara yang datang ke hotel bersama rekannya untuk menghadiri sebuah acara.

Sehari sebelumnya, Kabupaten Boven Digoel juga diguncang gempa yang berkekuatan 5-7 SR sebagai dampak dari gempa di Papua Nugini. Bahkan pada Senin lalu gempa juga terjadi di daerah itu, yang guncangannya dirasakan hingga ke Jayapura. Akibat gempa tersebut, sejumlah bangunan di lima Distrik setempat rusak parah.[Riri]