Umur 33 Punya Fisik 20 Tahun, ini Tips dari Ronaldo

istimewa

WARTAPLUS - Bintang baru Juventus, Cristiano Ronaldo, kembali membuat heboh jagat sepakbola. Beredar hasil tes kesehatan yang mengungkapkan bahwa meski berusia 33 tahun, kondisi fisiknya setara atau bahkan lebih baik dari pemain bola berusia 20 tahun.

Menurut media Spanyol, AS, Ronaldo memiliki lemak tubuh 7%, lebih sedikit dari rata-rata pemain bola. Massa ototnya juga lebih baik dari rata-rata pemain bola.

Hasil tes medis ini sesungguhnya tak terlalu mengejutkan bagi Ronaldo. Ronaldo pernah mengungkapkan bahwa masih berani tampil di kompetisi level tinggi.

Padahal, pemain seusia Ronaldo memilih tampil di luar lima liga teratas Eropa (Inggris, Italia, Spanyol, Jerman, Prancis), tapi ke China, Jepang, Arab, atau Amerika Serikat.

"Saya di sini karena ini adalah tantangan sangat besar untuk karier saya. Pemain seumuran saya biasanya pergi ke China," kata Ronaldo.

"Saya masih sangat bagus secara emosional, fisik, dan itulah kenapa saya ke sini dengan bangga," kata mantan bintang Real Madrid itu. "Saya berbeda dari orang lain, dari para pemain yang berusia 32, 33, atau 34 tahun."