101 Lulusan IPDN Angkatan 24 Ditugaskan di Papua

Para alumni IPDN Angkatan 24 penugasan Papua/Andi Riri

JAYAPURA, - Sebanyak 101 lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) angkatan XXIV tahun 2017 bakal ditempatkan di sejumlah kabupaten di Papua. Kedatangan para alumni IPDN ke Bumi Cenderawasih disambut secara resmi oleh Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo didampingi Sekda, T.E.A Hery Dosinaen, di Gedung Negara Jayapura, Selasa (24/7). Hadir pula Direktur Politik Dalam Negeri Kemendagri, La Ode Ahmad mewakili Mendagri.

Dalam arahan Mendagri yang dibacakan La Ode, para purna praja  IPDN penugasan Papua diminta untuk selalu menjunjung tinggi integritas, loyalitas, dan disiplin dalam menjalankan tugas ditempat penugasan masing masing.

"Maknai penempatan ini sebagai amanah yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa," pesan Mendagri. 

Sementara untuk para Kepala Daerah, Mendagri meminta agar berkenan menfasilitasi pelaksanaan pengucapan sumpah janji para alumni IPDN sebagai PNS dan diberikan pembinaan agar mereka memahami tugas dan fungsinya sebagai aparatur pemerintah daerah.

"Saya meminta ini juga digunakan sebagai kompetensi masing masing sehingga dapat turut berkontribusi dalam kemajuan daerah,"pintanya.

Dari 102 penempatan Papua, satu orang telah meninggal dunia beberapa hari lalu. Sementara yang baru tiba di Papua kurang lebih 96 orang, sedangkan lima orang lainnya ijin karena ada acara keluarga.

La Ode menjelaskan, Lulusan IPDN sebagai kader pemerintah dalam negeri dan pelopor revolusi mental harus telah siap ditempatkan dimana saja. Sebab melalui pendidikan kepamongprajaan kiranya dapat memberikan sumbangsih yang nyata dalam menjawab tantangan tersebut. Mengingat PNS lulusan IPDN telah ditempa intelektualitasnya melalui pembelajaran ketrampilan mental dan disipiln melalui program pengasuhan.

"Lulusan IPDN akan ditempatkan dengan porsi 15 persen untuk instansi pusat berdasarkan kebijakan pemerintah, 35 persen untuk kawasan perbatasan negara dan 5 persen untuk pemerintah daerah,"jelasnya.

Sementara itu Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo dalam sambutannya mengharapkan para alumni IPDN penugasan Papua sudah mengetahui kondisi daerah tempat tugasnya.

"Sebelum ke tempat tugasnya masing masing, saya harapkan kalian (alumni IPDN) sudah mengetahui kondisi daerah tempat tugasnya masing masing,"harapnya.

Selain itu, ilmu yang didapatkan harus dapat diaplikasikan, diterapkan di tempat tugasnya masing masing.

Di kesempatan itu, Gubernur Soedarmo membeberkan alasan mengapa acara penyerahan alumni IPDN ini dilangsungkan di Gedung Negara.

"Saya sengaja menerima kalian di gedung negara. Paling tidak kalian bisa datang dan melihat menyaksikan gedung negara, rumahnya gubernur yang sangat luarbiasa ini. Dari sini kalian bisa melihat pemandangan terbaik di seluruh wilayah asia pasifik,"ujarnya.*