Janji Persipura untuk Meraih Kemenangan di Kandang Tidak Terbukti

Tony Ho dan Pelatih PSIS Semarang, Vicenzo Alberto Annese/Djarwo

JAYAPURA,- Persipura kembali gagal merebut tiga poin di kandang sendiri, usai mendapatkan hasil imbang tanpa gol kontra PSIS Semarang, di Stadion Mandala, Rabu (18/7).

Sebelum laga, asisten pelatih Persipura, Tony Ho menyebutkan bahwa timnya akan bekerja keras untuk meraih kemenangan sebelum mengakhiri putaran pertama Liga 1 2018 di Serui.

Kendati begitu, Ho mengungkapkan bahwa kegagalan timnya meraih kemenangan karena dibuat kesulitan oleh sepak bola negatif PSIS yang bermain dengan pertahanan yang rapat.

"Lawan mengandalkan sepakbola negatif dan pertahanan sangat dalam, sehingga ruang kita sangat sempit. Kami mencoba inisiatif menyerang dan membaca strategi lawan yang bermain bertahan. Namun masalahnya, kita tidak punya winger yang cepat untuk membongkar pertahanan lawan," ujar Ho.

Taktik PSIS tersebut sebenarnya sudah dibaca oleh Persipura, namun Ho mengakui jika sepak bola memang bukan hanya tentang strategi saja. Tetapi juga faktor keberuntungan.

"Keputusan pelatih kepala yang memasukkan pemain-pemain muda seperti Gunansar Mandowen, Prisca Womsiwor dan Ronaldo Wanma untuk memberikan kecepatan di lini serang Persipura. Tetapi ini berbicara sepak bola dan kita tidak hanya berbicara taktik juga. Kita banyak buat peluang tapi inilah sepak bola. Minimal kita sudah mencoba dan kita menghormati perjuangan pemain yang sudah mengeluarkan kemampuan mereka," ungkap Ho.

Sementara bagi tim berjuluk Mahesa Jenar-PSIS Semarang, hasil tersebut lantas disyukuri oleh pelatih PSIS asal Italia, Vicenzo Alberto Annese, yang mengaku bahwa kemenangan tersebut cukup membanggakan karena diraih di kandang salah satu tim kuat di Indonesia.

"Kami bersyukur bisa mendapatkan satu poin meski berat tapi kita bisa menjalankan dengan baik. Terutama dari sisi pertahanan kami cukup menguasai. Kita belajar banyak dari Bhayangkara, dan dari situlah kami bisa mengimbangi persipura," ungkap Annese, dalam sesi konferensi pers usai laga, di Jayapura.

Annese mengungkapkan, timnya sebenarnya punya kans untuk meraih kemenangan, namun karena tak punya penyerang murni, sehingga timnya gagal menciptakan gol.

"Kami tetap mensyukuri dan bangga bisa meraih poin dari markas Persipura sehingga ini seperti sebuah kemenangan buat kami sekalipun hanya satu poin yang kami dapat," tandasnya. *