Pemprov Papua Secara Resmi Melepas Kontingen Pesparawi Tingkat Nasional ke Pontianak

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat,Noak Kapisa ketika menyerahkan bendera kepada Ketua LPPD Pesparawi Papua, Elia Loupatty pada pelepasan kontingen Pesparawi Papua di Aula Sasana Krida Kantor Gubernur, Senin (16/7)/Istimewa

JAYAPURA,- Pemerintah Provinsi Papua secara resmi melepas Kontingen Pesparawi yang akan mengikuti Pesparawi tingkat Nasional XII di Pontianak Kalimantan Barat 27 Juli hingga 4 Agustus 2018.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat, Noak Kapisa mewakili Gubernur Papua dalam arahannya  menyampaikan pesparawi adalah wadah yang mempersatukan bagi semua umat Tuhan.

“Jadi momentum Pesparawi adalah wujud nyata kasih Tuhan kepada kita semua yang dimanifestasikan melalui pujian-pujian dan lagu yang akan kita persembahkan bagi hormat dan kemulian nama Tuhan,” kata Noak ketika melepas kontingen Pesparawi Provinsi Papua di Aula Sasana Krida Kantor Gubernur, Senin (16/7).

Menurut dia, salah satu dampak positif dari kegiatan ini adalah menghadirkan sebuah keterbukaan diantara denominasi gereja yang ada,sehingga memungkinkan terjadi dialog ke arah terciptanya kerukunan interen yang aktif di kalangan umat Kristiani.

Selain itu pula kegiatan ini dapat meningkatkan hubungan serta kerja sama agar terciptanya kerukunan antara umat kristiani dan Pemerintah serta menjalin hubungan kerja sama dengan agama lainnya.

“Pesparawi merupakan bagian dalam mendukung budaya bangsa yang beraneka ragam yang bernafaskan iman Kristen. Sehingga kegiatan ini mendorong umat Kristen termotivasi memuji Tuhan dengan segala cara seperti menyanyi,memetik kecapi, menabuh rebana dan lain-lain,” tuturnya.

Di kesempatan itu, Noak meminta agar Pesparawi ini bersifat pesta rohani dan tidak semata-mata mengikuti pertandingan dan mengejar piala. Tetapi diharapkan pesta rohani ini lebih mengutamakan segi keagamaan yang dilandasi oleh kasih.

“Tentu kita berharap nanti kontingen pesparawi Papua bisa mendapatkan hasil maksimal di sana.Paling tidak dari sekian nomor lomba yang diikuti Papua bisa membawa pulang medali emas," harapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Provinsi Papua, Elia Loupatty menyampaikan persiapan kontingen Pesparawi Papua sudah cukup baik. Hanya saja diharapkan agar Kabupaten yang ikut terlibat dalam pespawari tingkat Nasional 2018 ini agar lebih mempersiapkan diri dengan baik.

 “Kita memang sudah persiapkan lebih matang sejak Pesparawi di Kaimana tahun lalu.Untuk itu kita harapkan di Pesparawi kali ini kita bisa memberikan hasil yang lebih baik untuk Papua tentunya,” harapnya.

Lanjut katanya, meski ajang ini adalah bidang seni,namun pihaknya juga mengikut sertakan Kepolisan untuk mendampingi tim kontingen pesparawi Papua. Hal ini penting untuk menjaga keamanan bagi semua peserta.

“Karena ini tim, untuk itu semua harus kompak dan saling menjaga satu sama lainnya.Paling penting disini harus mengkedepankan prestasi,target kita paling tidak bisa membawa pulang juara di beberapa nomor lomba yang di ikuti nanti,” pungkasnya. *