Dinosaurus tertua Didunia Kembali Ditemukan

istimewa

Para peneliti telah menemukan apa yang diyakini sebagai dinosaurus raksasa pertama, yang berasal dari zaman Trias. Ditemukan di deposit Balde de Leyes di provinsi San Juan Argentina, dinosaurus raksasa berkaki empat ini, diberi nama Ingentia prima.

"Kami melihat di Ingentia prima adalah asal gigantisme, sebuah langkah pertama, hingga lebih dari 100 juta tahun kemudian, sauropoda dengan berat hingga 70 ton dapat muncul seperti yang hidup di Patagonia," kata paleontolog dan rekan penulis studi, Ricardo Martinez.

Ukurannya yang sangat besar didukung oleh rongga khusus di dalam tulangnya yang membuat kerangkanya menjadi lebih ringan.

"Rongga pneumatik ini menunjukkan bahwa spesies baru ini memiliki kantung udara yang sangat maju dan sistem pernapasan yang sangat efisien, mirip dengan apa yang terjadi pada burung modern, yang juga membantunya untuk menjaga tubuhnya tetap dingin meskipun ukurannya besar," kata ahli paleontology, Cecilia Apaldetti.

Meskipun diperkirakan ini adalah dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan, namun tim peneliti yakin masih ada dinosurus yang jauh lebih besar lagi yang belum ditemukan.

"Ini adalah cara baru untuk mendapatkan ukuran tubuh pada momen awal dalam sejarah evolusi," kata Dr Apaldetti. 

Wow, sulit membayangkannya jika mereka saat masih hidup.