Kesadaran Masyarakat Dalam Berkendaraan di Provinsi Papua Masih Minim

Direktur Lalulintas Polda Papua Kombes Pol MH Ritonga/Cholid

JAYAPURA,-Angka pelanggaran lalulintas yang terjadi di Wilayah hukum Polda Papua dan Polres Jajaran baik yang dilakukan pengendara roda dua maupun pengendara roda empat dari tahun ketahun mengalami peningkatan.

 

Hal tersebut sesuai data yang didapat di Direktorat Lalulintas Polda Papua dimana pada bulan bulan Januari tahun 2018 angka pelanggaran lalulintas baik yang dilakukan oleh pengendara roda dua maupun roda empat mencapai hingga 1.502 pelanggaran.

 

Direktur Lalulintas Polda Papua Kombes Pol MH Ritonga mengungkapkan angka pelanggaran lalulintas di bulan Januar 2018 mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2017 lalu.
 

“Kalau tahun lalu pelanggran lalulintas sesuai data capai 1.502, sementara tahun ini dibulan yang sama mangalami peningkatan hingga 20 persen dimana angkat tersebut naik 244 pelanggar dengan total pelanggarn 1.746,”unjarnya saat ditemui di ruang kerjanya Kamis (1/3) pagi.
 

Kata Ritonga selain total angka pelanggaran meningkat dibulan Januari 2018, angka tilangpun juga mengalami peningkatan hingga 60 persen.“Untuk angka tilang bulan Januari 2017 hanya 641, sementara di bulan Januari 2018 mencapai hingga 1008 pelanggar roda dua maupun roda empat yang ditilang,”tuturnya.

Kata dia, angka teguran kepada pelanggarpun sama halnya meningkat, dimana bulan Januari 2017 hanya 861 yang mendapatkan teguran sementara,  ditahun 2018 bulan Januari mencapai hingga 966 pengendara.

Sementara itu perlu dikatahui dari data yang didapat dari tahun ketahun, pelanggaran lalulintas baik roda dua maupaun roda empat di Provinisi Papua terus meningkat dan harus menjadi perhatian serius semua lapisan buhan hanya penegak hukum dibidang tersebut, tentunya terutaman bagi pengendara itu sendiri

“Selain itu juga dapat disimpulkan bahwa kesadaran masyaraat dalam berkendara di Provinsi Papua masing minim dan kurang mentaati aturan berlalulintas demi keselamatan baik diri sendiri mauapun orang banyak,”ujarnya. [Cholid]