Ini Penjelasan Tony Ho yang Masih Akan Menjadi Pelatih di Laga Kontra PSMS

Asisten Pelatih Persipura, Tony Ho/Djarwo

JAYAPURA,- Persipura masih akan dipimpin oleh asisten pelatihnya, Tony Ho, kala menjalani lawatan ke markas PSMS Medan, di Stadion Teladan, Kamis (12/7) besok.

Didapuknya Tony Ho untuk memimpin anak-anak Persipura di dua laga beruntun ini karena proses administrasi pelatih baru Persipura asal Brasil, Amilton Silva de Olivera belum rampung.

"Dari awal saya tegaskan posisi saya memang asisten pelatih. Cuma pada saat situasi kosong saya diminta untuk mengisi bangku pelatih. Jadi posisi saya asisten, dan sampai pada saat ini masalah administrasi Amilton belum kelar jadi yang akan memimpin di laga besok masih saya," ujar Ho, dalam rilisnya, Rabu (11/7).

Disinggung mengenai apa yang menjadi penyebab kekalahan Persipura di kandang saat menjamu Bhayangkara FC, Ho pun mengungkapkan alasannya yang menilai persiapan yang begitu mepet akibat masa libur kompetisi yang panjang.

"Tentu kita sadari bahwa setelah laga terakhir melawan Bali United, menurut hasil evaluasi saya pribadi kita tidak melakukan ujicoba. Mulai dari tanggal 10 Juni kami libur hingga tanggal 20 Juni kemarin, dan itu rentang waktu yang cukup panjang. Kami mulai latihan tanggal 21 Juni, dan disaat bersamaan saya harus pergi menjalani kursus kepelatihan dan saya tinggalkan tim sejak saat itu sampai tanggal 27 Juni. Kami tidak melakukan ujicoba sehingga memang ada sesuatu yang kurang," terangnya.

Meski begitu, Ho mengaku bahwa itu hanya masalah pada persiapan saja, namun tidak demikian dengan kondisi pemainnya yang diyakini sudah tanpa masalah dan hanya membutuhkan sedikit sentuhan saja.

"Saya rasa soal pemain sudah tidak ada masalah, tapi membutuhkan sedikit sentuhan saja, karena sudah lama tidak menjalani ujicoba sewaktu masa libur," tandasnya.

Ho juga mengungkapkan, tidak hanya Amilton saja, tetapi duo staf pelatih Persipura asal Brasil, yakni Osvaldo Lessa dan Lydio Souza juga masih menunggu proses administrasinya selesai.

"Sepanjang yang saya tahu, teman-teman saya sesama rekan pelatih di Persipura administrasinya belum selesai. Jadi sementara saya yang akan memimpin di depan," ungkapnya. *