Piala Indonesia

Tampil Dengan Pemain Muda, Persipura Jayapura Kalahkan Yahukimo FC

Pemain muda Persipura Jayapura Gosner Paskhalino Komboy dikawal ketat pemain Yahukimo Fc/Fendi

SENTANI,-Persipura Jayapura mengawali kiprahnya di Piala Indonesia 2018 dengan kemenangan telak atas tuan rumah Yahukimo Fc dengan skor 3:0. Tiga gol kemenangan Persipura Jayapura dicetak oleh Elisa Basna, Josua Merauje, dan Ronaldo Wanma.

Bertanding di Stadion Barnabas Youwe (SBY) Sentani, pada Senin sore, pelatih sementara Persipura Jayapura Toni Ho memilih untuk menyimpan pemain inti dan menurunkan skuad mudanya. Alhasil tim Mutiara Hitam mampu mendominasi jalannya pertandingan.

Meski mampu mendominasi jalannya pertandingan, Persipura Jayapura tampak kesulitan membongkar pertahanan Yahukimo Fc yang dikawal oleh Frans Sokoy dan Nes Murib. Jual beli serangan dilakukan oleh kedua tim, namun hingga babak pertama usai skor kaca mata tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, tim Mutiara Hitam meningkatkan level permainan dan lebih banyak menekan. Sehingga gol yang ditunggu akhirnya tercipta melalui kaki Elisa Basna pada menit ke 56 memanfaatkan kerjasama dengan Zulkifli Kosepa.

Gol ini lantas membuat tuan rumah bekerja keras untuk menyamakan kedudukan. Memanfaatkan kecepatan pemain depan seperti Alberto Yumame dan Elias Pekey, pemain Yahukimo Fc bermain cepat dan menekan dengan melakukan umpan-umpan panjang, namun kokohnya pertahanan Persipura yang dikawal oleh Abdoulaye Maiga dan Andri Ibo mampu menahan serangan pemain depan Yahukimo Fc.

Keasykan menyerang, gawang Yahukimo Fc kembali bobol pada menit ke 62 melalui kaki Josua Merauje yang memanfaatkan tendangan sudut. Bahkan lima menit kemudian pemain muda Persipura Ronaldo Wanma menambah derita tuan rumah dengan golnya di menit ke 68.

Usai gol dari Ronaldo Wanma, tempo permainan anak-anak mutiara hitam menurun, dan hal ini coba dimanfaatkan pemain Yahukimo Fc untuk sesekali menakan, namun lagi-lagi rapatnya pertahanan Persipura menjadi penghalang anak asuh Ungki Prasetyo untuk memperkecil kedudukan. Hingga menit ke 90 skor tidak berubah untuk kemenangan Persipura Jayapura.

Dengan kemanangan ini, Persipura Jayapura dipastikan melaju ke babak berikutnya, sementara Yahukimo Fc dipastikan tersisih dari Piala Indonesia 2018.*