Daun Pandan Untuk Obat Asam Urat

Net

WARTAPLUS - Daun pandan atau memiliki nama pandanus adalah salah satu tumbuhan monokotil yang banyak tumbuh di Indonesia. Tanaman ini dapat tumbuh secara berumpun lantaran memiliki jenis akar tunggang, daun yang panjang dan bergerigi.

Disamping penggunaannya sebagai salah satu bahan dapur untuk menyedapkan olahan makanan menjadi lebih wangi. Ternyata daun pandan ini pun berguna bagi kesehatan untuk mengobati penyakit asam urat. Hal ini karena beberapa senyawa yang terdapat pada daun pandan seperti alkaloid, saponin, flavoida, tanin dan zat warna.

Mungkin tak asing bagi anda asam urat adalah penyakit yang sering menyerang persendian jari tangan, jari kaki, pergelangan tangan bahkan menyebabkan pembengkakkan disertai rasa sakit tak tertahankan. Terlebih rasa sakit yang ditimbulkan biasanya kulit akan berwarna kemerahan.

Banyak faktor yang menyebabkan penyakit asam urat seperti keturunan, mengonsumsi alkohol dan makan makanan berpurin tinggi. Disamping sering menyerang laki-laki dengan usia diatas 30 tahun tak menutup kemungkinan asam urat pun menyerang wanita ketika telah memasuki masa menopause.

Gejala nyeri asam urat pasalnya akan berlangsung terus menerus hingga mencapai berhari-hari. Maka dari itu, memanfaatkan khasiat dari daun pandan menjadi suatu hal yang tepat bagi anda yang ingin sembuh dari penyakit asam urat yang saat ini anda derita.

Demikian pembahasan terkait artikel kali ini mengenai daun pandan untuk penderita asam urat. Meski telah dinilai alami tapi, dalam meminum ramuan dari daun satu ini tak dianjurkan terlalu sering cukup minum sebatasnya saja. Maka jika sudah merasa baikan dapat anda hentikan. Hal ini karena bisa membahayakan kesehatan tubuh, terutama pada organ ginjal anda.