Jaga Toleransi Umat Muslim dan Katolik Lakukan Halal Bihalal

Tampak ratusan warga Warga RT 07/ RW 06 Perumahan Darsua Residence Kampung Doyo Baru Distrik Waibu Kabupaten Jayapura saat mengikuti halal bihalal/Istimewa

 

SENTANI,-Toleransi antar umat ditunjukan oleh Warga RT 07/ RW 06 Perumahan Darsua Residence Kampung Doyo Baru Distrik Waibu Kabupaten Jayapura yang menggelar halal bihalal bersama yang diikuti puluhan umat Muslim, Katolik dan Kristen pada Jumat  (22/6) petang.

Ustad Ayub Fachruddin, dalam ceramah singkatnya mengatakan, Warga RT 07 Darsua Residence harus melaksanakan kewajiban umat beragama yaitu membantu sesama manusia yang membutuhkan melalui sedekah.

“Kita juga harus selalu saling memafkan antara tetangga, antara sesama kita yang berbeda keyakinan agar kita hidup tenang dan damai,” pesannya.

Sementara itu,  Sekertaris RT setempat, Florry Koban, menyampaikan, Halal Bihalal yang dilakukan merupakan ide dari warga, mengingat perumahan tersebut merupakan perumahan yang baru dibuka oleh pengembang Darsua Residence.

“Saya menghimbau kepada kita semua yang tinggal disini untuk menjadikan tetangga terdekat sebagai keluarga utama sebelum keluarga kita di kampung halaman, karena tetangga akan selalu ada untuk membantu,”ujarnya.

Florry Koban juga menghimbau warganya berperan aktif dalam setiap acara besar keagamaan yang akan dirayakan, karena hal itu adalah tanggung jawab semua warga tanpa membedakan agama.

“Kepercayaan kita boleh berbeda tetapi urusan kemanusiaan tidak boleh saling membedakan,”kata Florry.

Ditempat yang sama, Sekretaris Kampung Doyo Baru, Didimus Kawai, memberikan apresiasi kepada Warga RT 07 Darsua yang telah menjunjung tinggi nilai tolenrasi umat beragama.

“Rasa damai itu tidak turun dari langit, tetapi kita sendiri yang harus menciptakannya, saya sangat mengapresiasi kekompakkan warga dari berbagai agama di tempat ini dalam menjaga perbedaan umat beragama sehingga terjalin toleransi, kami sebagai Pemerintah Daerah siap mendukung kegiatan-kegiatan toleransi keagamaan di tempat in,”ujarnya.

Acara Halal Bihalal ini turut didukung oleh Kelompok Doa Rosario Katolik RT 07 Darsua dan Umat Kristen di sekitarnya dengan mengambil tema “ Dengan Halal Bihalal Kita Tingkatkan Toleransi Kehidupan Antar Umat Beragama”.*