Rayakan HUT ke 10, PT Semuwa Grup Bantu Mobil Untuk Gereja dan Masjid

Penyerahan kunci secara simbolis kepada perwakilan gereja/Istimewa

SENTANI,-  Sebagai bentuk rasa syukur dan kebahagiaan memasuki usia 10 tahun, PT.Semuwa Grup menggelar buka puasa bersama sekaligus penyerahan bantuan secara simbolis tiga unit kendaraan bagi dua gereja yaitu gereja Katolik, satu unit mobil ambulance, lalu gereja  Adven satu unit mobil operasional serta satu ambulance untuk  masjid Miftahul Jannah di Taja, Lere.

Kegiatan buka puasa bersama yang dipusatkan di masjid Al Aqhsa Sentani, Senin (11/6) sore, dihadiri oleh Wakil Bupati kabupaten Jayapura, Giri Widjayantoro, beserta perwakilan Muspida setempat, para pemuka agama, dan pemuda dari lintas agama yang tergabung dalam Pemuda Peduli Kerukunan Kabupaten Jayapura serta keluarga besar PT Semuwa Grup. Sebelum buka puasa bersama, telah digelar pawai kerukunan umat beragama

Acara diawali dengan pembacaan Kalam Ilahi kemudian dilanjutkan dengan pembacaan sejarah singkat berdirinya perusahaan oleh Gempa Chandra selaku Ketua Yayasan PT Semuwa Grup.  Didirikan pertama kali pada 2008 silam, hingga kini perusahaan yang bergerak di bidang jasa penerbangan, travel, dan bidang usaha lainnya telah membuka cabang perusahaan di sejumlah daerah baik di Papua maupun diluar Papua seperti di Makassar.

Untuk di Papua PT.Semuwa telah membuka kantor di Wamena Jayawijaya, Mulia Puncak Jaya juga Timika serta kantor pusat di Sentani, kabupetan Jayapura

Direktur Utama PT.Semuwa Grup, H.Wagus Hidayat dalam sambutannya menyatakan, acara buka puasa bersama ini sebagai bentuk ucapan syukur kepada Allah SWT atas setiap berkat yang diberikan sehingga perusahaannya bisa terus berkembang selama kurun waktu satu dekade ini. Selain itu, ungkap Dayat, acara ini juga sebagai wujud silaturahmi dengan para sodara non muslim untuk bagaimana bersama sama menciptakan kerukunan umat beragama di wilayah kabupaten Jayapura

"Kami (PT.Semuwa Grup) bercita cita, bermimpi bahwa Semuwa grup bisa hadir untuk semua didalam kehidupan umat beragama meski terkadang ada sedikit gesekan di masyarakat akibat isu Sara.  Kami berusaha untuk jadi pioner, ujung tombak penggerak  bagi yang lain.

Oleh karena itu kami merangkul semua elemen bangsa, agama untuk menciptakan kerukunan yang harmonis," ujarnya.

Aksi Sosial 

Dayat mengakui, selama kurung waktu 10 tahun, setidaknya Semuwa yang adalah singkatan dari Sentani, Wamena, Mulia ini telah melakukan sejumlah aksi bersifat sosial.

"Setidaknya kami telah membantu sebanyak 9 unit kendaraan baik itu kendaraan operasional berupa mobil, ambulance serta mobil sampah kepada warga ," sebutnya

Tidak hanya itu, H.Dayat bersama istri, Hj Syamsuriati yang adalah Komisaris perusahaan juga dikenal sebagai pimpinan yang baik dan murah hati. Terbukti dengan diberangkatkannya para karyawan muslim untuk umroh dan tour Yerusalem bagi karywana beragama nasrani.

"Syaratnya mereka telah bekerja diatas lima tahun," terang Dayat.

PT.Semuwa juga telah memberangkatkan 75 orang tua untuk berangkat haji. "Kan banyak orang tua karena tidak punya  biaya mereka tidak punya kesempatan untuk naik haji. Padahal mereka ingin sekali menjalan rukun islam yang kelima yaitu berhaji. Nah ini yang kita bantu untuk mereka juga bisa merasakan berkunjung ke baitullah," bebernya.

"Intinnya bagi saya dalam  berusaha bukan hanya mencari keuntungan, tapi bagaimana keuntungan itu bisa disisihkan sebagian untuk berbagi terhadap sesama," ungkapnya.

Dayat menambahkan, pihaknya juga telah rampung dalam menyekolahkan dua putra asli Papua menjadi seorang penerbang.

"Keduanya telah lulus dan kita akan rangkul, kita berdayakan mereka sebagai pilot di perusahaan kami," akunya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Jayapura, Giri Widjayantoro memberikan apresiasi kepada PT.Semuwa Grup yang telah turut berpartisipasib dalam pembangunan di Papua khususnya di Kabupaten Jayapura.

"Kita beri apresiasi dulu kepada PT Semuwa yang telah merayakan ulang tahun ke 10. Semoga apa yang dilakukan PT Semuwa untuk  masyarakat dapat menjadi contoh baik buat perusahaan lainnya," ucapnya.*