5 Benda yang Wajib dibawa Saat Mudik

Net

WARTAPLUS - Sudah menjadi hal yang lumrah bagi masyarakat untuk mengecek mobil sebelum berangkat mudik. Bahkan, ada juga yang memanfaatkan momen jelang mudik untuk memasang aksesori pada kendaraannya.

Aksesori yang dipasang pada mobil pun cukup beragam, mulai dari yang fungsional selama menempuh perjalanan, hingga yang hanya membuat tampilan mobil berbeda.

Bagi yang berencana pulang dan pergi ke kampung halaman, berikut 5 aksesori di dalam kabin mobil yang berfungsi selama perjalanan:

1. Bracket atau dudukan handphone

Meski terlihat sederhana, memasang bracket smartphone cukup membantu selama perjalanan, terlebih saat harus memanfaatkan peta digital menggunakan smartphone.

"Modelnya ada dua, yang ditempel di kaca atau yang dijepit di ventilasi AC. Harga mulai dari Rp50 ribu sampai Rp125 ribu," ujar Dewi, pedagang aksesori di MGK Kemayoran, Minggu 10 Juni 2018.

2. Mobile Charging

Saat mudik biasanya lama perjalanan semakin bertambah. Colokan listrik untuk mengisi ulang baterai ponsel ini sangat bermanfaat ketika perjalanan mudik.

Bicara soal harga, mobile charging dijual dengan harga mulai dari Rp75 ribu sampai ratusan ribu rupiah bergantung dengan jenis ponsel yang dimiliki. Alat untuk mengisi ulang baterai ponsel ini biasanya memanfaatkan arus listrik dari lighter di dasbor mobil.

3. Kabel Aux

Barang ini mungkin terlihat sederhana, hanya berwujud kabel dengan dua ujung berbeda, satu dicolokan ke head unit mobil, sementara ujung satu lagi ke ponsel pintar.

Percayalah saat perjalanan sudah semakin lama dan terasa bosan menyetel lagu dari compact disc, kabel Aux bisa membantu untuk memainkan musik dari smartphone yang dihubungkan ke head unit dan suaranya dikeluarkan dari speaker-speaker di mobil. Harga kabel aux biasanya mulai dari Rp35 ribu sampai Rp100 ribu.

4. Cargo Net

Bentuknya seperti jaring-jaring yang dipasang di antara baris tengah dan bagasi belakang. Alat ini berfungsi menahan barang-barang bawaan agar tidak jatuh saat pintu bagasi dibuka.

"Pada mobil-mobil Eropa, biasanya ada yang sudah menyediakan cargo net di bagasi belakang. Tapi kalau mau pasang, produk aftermarket-nya banyak. Ada dua model, satu layerdan dua layer, harganya mulai Rp175 ribu," kata Ratno pedagang aksesori dari Jaya Auto di MGK Kemayoran, Jakarta.

5. Bantal mobil

Bantal mobil sangat beragam model dan bentuknya. Di pasaran, banyak dijual bantal untuk penyangga leher di-header dan penahan pada sabuk pengaman. Aksesori ini ditawarkan pedagang mulai dari Rp100 ribu satu set (berisi dua bantal leher dan dua penyangga seatbelt).