Kemacetan Mulai Terjadi di Ruas Tol Jakarta-Cikampek

Net

WARTAPLUS - Antrean kendaraan mulai mengular mulai dari km 31 hingga km 47, tol Jakarta-Cikampek, Minggu, 10 Juni 2018. Akibatnya, kendaraan dialihkan keluar melalui gerbang tol Cikarang Barat.

"Kendaraan terpaksa dikeluarkan melalui km 31. Kemudian mereka diperbolehkan lagi masuk. Hal ini dilakukan untuk mengurangi panjang kemacetan," kata Humas PT Jasa Marga Cabang Jakarta Cikampek, Irwansyah, Minggu, 10 Juni 2018.

Menurut Irwan, kemacetan itu diakibatkan adanya penyempitan di km 47. Petugas mengeluarkan kendaraan di gerbang tol Cikarang Barat agar kemacetan bisa melebar, tidak menumpuk di ruas tol.

Saat ini diakui Irwan, total kendaraan sejak pagi hari sudah mencapai 33.328, atau naik 12 persen dari kondisi nornal. Biasanya kendaraan yang melintas mencapai 27.111 kendaraan.

Irwan mengaku, lonjakan kendaraan sifatnya fluktuatif. Sebab, kepadatan kendaraan masih memberi ruang gerak laju. "Kalau pagi agak renggang. Nah kalau siang ini lumayan banyak kendaraan yang ke Cikampek," ujarnya.

Saat ini diakui Irwan, petugas masih melakukan pantauan di sejumlah titik rawan kepadatan. Terutama di wilayah Karawang yang kerap terjadi penyempitan.