Jangan Pikirkan Baunya, Tapi Lihat Manfaat dari Buah Mengkudu yang Jarang Orang Tau

Net

WARTAPLUS - Bernama ilmiah Morinda citrifolia dari Genus Morinda atau lebih dikenal dengan nama mengkudu. Merupakan sejenis tumbuhan penghasil buah yang berasal dari Asia Tenggara dan tergolong pada suku Rubiaceae.

Nama lain buah mengkudu sendiri sebenarnya adalah buah noni. Tanaman mengkudu ini tumbuh di dataran rendah hingga mencapai ketinggian 1500 m dan memiliki bunga bongkol berwarna putih. Secara tradisional, buah mengkudu kerap dijadikan sebagai sayur dan rujak oleh masyarakat aceh.

Dan daunnya kerap muncul pada menu wajib buka puasa sebagai bahan nicah peugaga. Oleh karena itu, mengkudu kerap ditanam dan dibudidayakan di dekat rumah wilayah pedesaan Aceh. Selain itu, mengkudu juga terkenal digunakan sebagai bahan alami obat-obatan.

Di dalam buah mengkudu terkandung beberapa zat-zat berkhasiat yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh. Diantaranya vitamin, mineral, protein dan magnesium yang merupakan antioksidan yang sangat baik. Senyawa lainnya seperti plant sterois, xeronine, alizarin, sosium, lycine, arginine, proxeronine, antra quinines, caprylic acid dan masih banyak lagi.

Serta terkandung zat hipokelemestik yang berperan penting dalam menurunkan kolesterol dalam darah. Oleh sebab itu, bagi Anda yang saat ini tengah mengalami masalah kolesterol tinggi pada tubuh Anda. Buah mengkudu dapat menjadi solusi yang tepat untuk digunakan Anda saat ini.

Zat scopotelin yang terkandung dalam mengkudu dapat berfungsi untuk memperlebar saluran pembuluh daran dan melancarkan peredaran darah. Selain itu, juga bersifat sebagai fungisida atau pembuluh jamur, antiradang, anti kanker serta antialergi yang sangat baik dalam membunuh bakteri jahat.

Dalam hasil sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa rutin mengonsumsi mengkudu dan membantu mengurangi total kolesterol dalam jumlah besar dan meningkatkan kadar lipoprotein (kolesterol baik) dengan kepadatan tinggi.

Meski hasilnya tidak semua memasktikan, namun mengkudu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi Anda saat ini. Untuk cara pengolahannya mudah, Anda dapat mengikuti cara seperti di bawah ini.

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Buah Mengkudu :

  • Siapkan 2 buah mengkudu matang dan segar
  • Siapkan jua buah anggur, apel, dan madu sebagai pemanis alaminya
  • Lalu kupas mengkudu dan buang bijinya
  • Kemudian blender buah mengkudu, apel dan anggr hingga halus
  • Jika sudah, tuangkan ke dalam gelas dan campurkan madu untuk menambah citarasanya
  • Segera minum ramuan mengkudu ini secara teratur 2 kali dalam sehari (jangan disimpan terlebih dahulu karena mudah basi).

Itulah sekilas artikel mengenai cara mudah mengobati penyakit hipertensi menggunakan cara alami memanfaatkan buah mengkudu. Semoga bermanfaat.