6 Cara Percepat Jaringan Internet Agar Tidak Lemot

Net

WARTAPLUS - Seringkali, pelanggan internet berbayar mengalami buffering atau koneksi internet yang lambat, alias lemot. Itu sangat menjengkelkan. Padahal. mereka sudah membayar rutin setiap bulannya.

Namun, sebenarnya ada solusi agar broadband Anda kecepatannya meningkat. Mengganti layanan internet, memang bisa menjadi solusi, namun itu bukanlah yang utama. Anda bisa saja mengalami pengalaman yang sama.

Hasil survei situs perbandingan comparethemarket menunjukkan satu dari 10 rumah tangga mengalami rata-rata 10 kali pemutusan koneksi internet.

Survei ini dilakukan kepada 2.087 orang dewasa, mengenai pengalaman broadband yang mereka miliki. Berikut, cara meningkatkan koneksi broadband Anda seperti dikutip situs Dailymail, Sabtu 2 Juni 2018:

1. Jauhkan dari monitor bayi, cermin, dan microwave

Mendekatkan router atau perangkat wifi tidak membuat akan membuat sinyal internet menguat. Itu sama sekali tidak berpengaruh.

Anda harus meletakkan router di titik yang tepat. Karena itu, jauhkan dari monitor bayi, gelombang mikro, atau hal sejenisnya yang dapat mengganggu sinyal wifi.

Artinya, posisi router tidak diletakkan bersamaan dengan barang yang terbuat dari logam, cermin, juga di dekat air. Sebab, air dapat menyerap sinyal.

2. Jaga password atau kata sandi

Semakin banyak orang yang menggunakan wifi Anda, maka kekuatan internet Anda akan semakin menurun. Ada baiknya untuk memasang kata sandi wifi yang Anda miliki, agar tidak adalagi orang yang menggunakan internet milik Anda secara gratis.

Penggunaan kata sandi juga berguna untuk keamanan dari bocornya data. Lalu, gantilah password wifi secara berkala. Caranya cukup mudah. Masukkan alamat IP pada browser ponsel Anda.

Alamat IP biasanya terletak di belakang router atau gunakan 192.168.0.1. Selajutnya, Anda hanya perlu memasukkan kata sandi admin dan nama pengguna. Jika cara tersebut tidak cukup berhasil, mintalah bantuan kepada operator internet Anda.

3. Booster broadband bisa membantu

Ada sejumlah perangkat yang diklaim dapat meningkatkan koneksi internet Anda. Namun, cara ini hanya berlaku untuk rumah berukuran besar.

Anda hanya perlu meletakkan gadget atau gawai di antara router dan rumah Anda. Bisa juga diletakkan di tempat yang susah sinyal.

4. Ubah saluran jaringan

Rata-rata spektrum frekuensi pada layanan berbayar tersebut adalah 2,4Ghz. Jika jaringan Anda terus terputus, cobalah untuk meningkatkan frekuensi.

5. Gunakan kabel ethernet

Alih-alih menggunakan wifi untuk mendapatkan data, akan lebih baik jika Anda kembali ke masa lalu dengan menggunakan kabel ethernet.

Kabel ini dirasa cukup baik untuk mengirimkan data, dibanding dengan router yang harus menunggu koneksi berjalan dengan normal. Dinding tebal atau gelombang mikro tidak lagi perlu dikhawatirkan menjadi penghalang masuknya koneksi.

6. Pentingnya posisi router

Sebaiknya letakkan router di tengah-tengah rumah. Jika meletakkannya di tempat paling pojok yang berada di dalam rumah, sinyal internet tidak akan terbagi rata.