Forkopimda Papua Terima Penghargaan dari Mendagri

Forkopimda Papua saat menerima penghargaa dari Mendagri, Tjahjo Kumolo, di Jakarta, Senin (26/2)/Istimewa

JAKARTA, - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Papua menerima penghargaan dari Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo. Penghargaan ini diberikan di sela sela acara pengukuhan Pejabat sementara (Pjs) Gubernur Papua yang berlangsung di kantor Kemendagri Jakarta, Senin (26/2).

Adapun penghargaan secara simbolis diberikan kepada Gubernur Papua , Lukas Enembe, Ketua DPR Papua, Yunus Wonda, Ketua MRP Timothius Murib, Pangdam Cenderawasih, Mayjen TNI George Elnadus Supit, Kapolda Irjen Pol Boy Rafly Amar, Kabinda Papua Brigjen TNI Abdul Haris Napoleon dan Sekda, Hery Dosinaen   

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo dalam pidatonya menyatakan, pemberian penghargaan kepada seluruh Forkompimda Papua ini dalam rangka mengingatkan bahwa pemerintah daerah bukan saja Gubernur hingga Kepala Desa tetapi didalamnya ada TNI Polri, ada DPRP sebagai lembaga wakil rakyat, MRP sebagai lembaga representatif kultural orang asli Papua, juga ada kejaksaan dan pengadilan. 

"Bahwa didalam pemerintah daerah itu ada Kapolda hingga Kapolsek dan ada Panglima Kodam sampai Danramil hingga Babinsa. Lalu ada Kabinda yang harus melakukan deteksi dini  di semua wilayah. Bahkan ada MRP, ada DPR Papua yang mana semua ini bagian yang tidak terpisahkan. Termasuk beberapa elemen-elemen masyarakat," ungkap Tjahjo. 

"Tak lupa juga ada Kejaksaan dan ada Pengadilan. Sehingga setiap kebijakan politik pembangunan dari tingkat provinsi sampai kecamatan dan kelurahan harus melibatkan Forkopimda serta seluruh elemen masyarakat," sambungnya. 

Lanjut kata Tjahjo, dalam upaya untuk menjaga stabilitas daerah dan menjaga ketertiban maka dibutuhkan membangun komunikasi khususnya dengan tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh agama yang ada di semua tingkatan. [Riri]