Cara Alami Menjaga Fungsi Hati Agar Tetap Happy

Foto: Go Dok

Layaknya jantung dan paru-paru, hati juga menjadi organ vital bagi kelangsungan metabolisme tubuh karena berperan dalam menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh, memproduksi beberapa jenis enzim, hingga membantu proses pencernaan makanan dengan menyingkirkan materi asing dan berbahaya yang terdapat dalam makanan kita sehari-hari. 

Lebih lanjut, seorang ahli gizi dari Ontario bernama Hermeet Suri, menyatakan bahwa peran dan fungsi hati erat kaitannya dengan kesehatan tubuh secara umum.

Hal ini dikarenakan organ yang satu ini merupakan penghasil getah empedu yang berfungsi untuk menjaga sistem pencernaan makanan, menyimpan zat besi dan vitamin, serta mengontrol kadar lemak, glukosa, dan amino dalam darah.

Sayangnya, banyak sekali hal yang dapat memicu penurunan kinerja organ ini, mulai dari konsumsi sodium berlebih, kadar fruktosa dalam tubuh yang terlalu tinggi, hingga kebiasaan mengonsumsi makanan kaya lemak trans, seperti biskuit, keripik, popcorn, dan lainnya.

Lalu, adakah cara mudah untuk memastikan kesehatan hati selalu terjaga secara alami? Tentu saja ada! Berikut beberapa bahan alami yang dapat dikonsumsi untuk membuat hati tetap happy!

1. Sayuran hijau

Tingginya kandungan nutrisi dan serat pada sayuran ternyata dapat menjaga kesehatan hati. Sayuran, khususnya yang kaya akan klorofil, seperti kol, sawi hijau, bayam, dan selada terbukti mengandung antioksidan dan belerang alami yang berperan sebagai agen detoksifikasi racun. Hasilnya, kerja organ hati akan menjadi lebih ringan sehingga risiko timbulnya gangguan pada hati pun menjadi semakin kecil.

2. Bawang putih

Produk umbi lapis yang satu ini ternyata mengandung allicin dan selenium, dua senyawa penting yang berperan untuk mengaktifkan enzim untuk mendetoksifikasi racun yang terdapat di hati. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, Anda dapat membiasakan konsumsi 1 buah bawang putih mentah setiap harinya. Mudah, bukan?

3. Kunyit

Meskipun ukurannya kecil, kunyit ternyata memiliki manfaat besar dalam menjaga kesehatan organ hati. Kandungan kurkumin pada bahan penyedap yang satu ini mampu mereduksi peradangan dan inflamasi hati, mempercepat proses pencernaan lemak, hingga merangsang produksi getah empedu.

4. Alpukat

Sebuah penelitian mengungkapkan denganrutin mengonsumsi 2 buah alpukat segar setiap minggu dapat memperbaiki fungsi hati yang rusak. Lho, kok bisa? 

Hal ini dikarenakan senyawa glutathione dan antioksian yang terdapat pada buah alpukat ternyata mampu memperlancar proses detoksifikasi racun dari dalam tubuh. 

Jadi, daripada memakasakan organ hati untuk bekerja keras membuang racun, ada baiknya Anda dan keluarga mulai memasukkan alpukat ke dalam daftar makanan mingguan, bukan?

5. Lemon dan jeruk nipis

Mungkin sudah banyak yang tahu kalau vitamin C berkaitan erat dalam pembentukan sistem imun dalam tubuh. Nah, itulah salah satu manfaat jeruk nipis dan lemon jika dikonsumsi secara rutin, selain menghancurkan zat asing dan beracun yang masuk ke dalam tubuh melalui air.

Selain itu, senyawa yang ada pada 2 bahan alami tersebut turut memicu produksi enzim hati yang bersifat anti-karsinogen. Jadi, selain menjaga kesehatan hati, Anda juga telah meminimalisir kemungkinan munculnya sel kanker di tubuh.

Selain dengan mengonsumsi bahan-bahan di atas secara rutin, Anda juga dapat menjaga kesehatan organ hati dengan cara mengurangi konsumsi makanan instan yang tinggi kalori serta membiasakan meminum air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya. Bukankah mencegah itu lebih baik daripada mengobati?*

fungsi hati https://www.go-dok.com/fungsi-hati-kenali-10-fungsinya-di-sini/


manfaat jeruk nipis https://www.go-dok.com/10-manfaat-jeruk-nipis-untuk-kesehatan/