Jelang Lebaran, Wali Kota Minta Distributor dan Pedagang Tidak Main Harga dan Timbun Bapok

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomy Mano ketika melakukan Inspeksi Mendadak ke sejumlah pasar tradisional dan modern yang ada di Kota Jayapura/Istimewa

JAYAPURA,- Guna memastikan ketersediaan stok bahan pokok tetap aman dan mencukupi menjelang lebaran, Wali Kota Jayapura, Benhur Tomy Mano bersama Plt kepala Balai Besar POM Jayapura Mojaza Sirait melaksanakan Inspeksi Mendadak ke sejumlah pasar tradisional dan modern yang ada di Kota Jayapura, Kamis (31/5).

"Saya harapkan dengan ketersediaan bahan pokok yang cukup, kita bisa menggunakannya secara bermartabat karena semuanya tersedia," ujar Wali Kota Jayapura, Benhur Tomy Mano, usai inspeksi.

Wali kota juga meminta kepada para distributor dan pedagang untuk membantu pemerintah dengan tidak menimbun stok dan mempermainkan harga ditengah adanya peningkatan kebutuhan.

"Kepada para distributor saya minta tidak ada permainan harga dan tidak ada penimbunan barang. Ini akan menjadi perhatian khusus saya sebagai Wali Kota Jayapura," tegasnya.

Ia pun mengimbau masyarakat untuk mulai menggunakan produksi pertanian lokal agar ketergantungan Papua terhadap pasokan bahan pokok dari luar Papua bisa dikurangi.

"Kepada masyarakat, khususnya yang akan merayakan Idul Fitri, berbelanja secara cermat sehingga laju inflasi bisa ditekan dan tidak terjadi lonjakan harga," ucapnya.

Sementara itu, Plt kepala Balai Besar POM jayapura Mojaza Sirait, mengklaim hingga saat ini Balai POM belum menemukan adanya produk makanan berbahaya.

"Sejauh ini dari pengawasan, kita menemukan sudah tidak terlalu banyak pangan yang rusak, kadaluarsa dan tidak terdaftar. Terutama untuk yang kadaluarsa kami melihat para pelaku usaha sudah memiliki kesadaran yang tinggi," kata dia.

Menurut dia Balai POM masih akan tetap turun ke lapangan untuk memantau karena ini adalah program nasional dan akan selalu dikordinasikan dengan pemerintah daerah.

"Kita akan tetap pantau selama lebaran ini, kita ingin pastikan bahwa semua bahan mencukupi dan layak di konsumsi oleh masyarakat," tutupnya. *