Manfaat Tanaman Jarak

Benarkah Tanaman Jarak Bisa Memperbesar Organ Intim Pria?

istimewa

WARTAPLUS - Tanaman Jarak sering dikenal masyarakat Indonesia sebagai tanaman yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Tanaman yang berasal dari Amerika dan Meksiko ini bahkan dikatakan sebagai tanaman multifungional yang memiliki manfaat fitotropika pada bagian batang, daun, akar, hingga getahnya.

Kegunaannya bagi kesehatan pun beragam, masyarakat lokal percaya bahwa tanaman ini dapat menyembuhkan beragam penyakit.

Pakar Dr med. dr. Maya Surjadjaja, MS, SpGK mengungkapkan bahwa tanaman tersebut memang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.

"Nama latinnya Jatropha Curcas, ini tanaman multifungsi, selain kesehatan tanaman ini juga baik untuk kecantikan. Ada kandungan alkaloid dan fitonutrien yang baik bagi tubuh." ujarnya dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT di tvOne Senin 26 Februari 2018.

Meski berkhasiat, namun Maya menyebut sebaiknya jangan menganggap tanaman ini sebagai obat. "Ini adalah herbal, fungsinya bukan untuk mengobati, namun mengurangi gejalanya," ujarnya.

Lebih lanjut Maya menjawab mitos dan fakta yang beredar seputar tanaman jarak.

1. Getah tanaman jarak dapat redakan sakit gigi

"Fakta. Tanaman Jarak mengandung alkaloid, itu adalah fitofarmaka yang mampu mengurangi nyeri. Cara gunakannya dengan dibuat rebusan dan digunakan untuk berkumur."

2. Mengurangi jamur kulit.

"Fakta. Jarak memiliki sifat antikurap dan mengurangi gatal. Yang digunakan adalah getahnya."

3. Kurangi radang telinga.

"Fakta. Untuk radang telinga membantu juga. Ada senyawa alkaloid yang cepat atasi peradangan. Namun penggunaannya tak bisa sembarangan, karena belum pernah ada sebelumnya. Bukan dengan cara topikal atau diolesi."

4.Dapat atasi susah buang air besar.

"Itu mitos, kalau mencegah sakit perut, dan perut kembung itu bisa. Ada caranya tidak sesederhana itu, misalnya dihaluskan daunnya dan ditempel di perut."

5.Dapat memperbesar alat kelamin pria?

"Mitos. Di Bali ada salah satu jenis tanaman jarak juga yang memang kalau dilihat bagian batangnya terlihat seperti alat kelamin pria. Hal itu menimbulkan anggapan bahwa tanaman ini bisa memperbesar alat kelamin pria. Meski belum pernah ada bukti ilmiahnya, namun fitonutrien dalam daun jarak mampu memblokir aromatase, yang sebabkan testosteron naik. Tapi kembali lagi, semua belum ada penelitiannya."

6.Konsumsi sebabkan maag

"Mitos. Penelitiannya belum ada. Selain itu memang tanaman jarak ini tidak dikonsumsi sebagai makanan. Namun tanaman ini memiliki kadar antibakteri yang justrunmenguntungkan bagi bakteri usus. [net]