Jika Kamu Melakukan ini Oli Mesin Bisa Jadi basi

Net

WARTAPLUS - Salah satu syarat menjaga kesehatan mesin kendaraan adalah dengan melakukan perawatan berkala. Cara paling mudah untuk melakukannya, yakni mengganti oli atau pelumas sesuai waktu atau penggunaan.

Umumnya, pemilik kendaraan akan datang ke bengkel saat waktunya servis rutin. Di tempat tersebut, mereka bisa membeli oli baru yang nantinya diisikan ke dalam mesin.

Namun terkadang, produsen pelumas mengadakan promo khusus di gerai-gerai atau acara tertentu. Ada juga pelumas yang diberikan secara gratis kepada para pemilik kendaraan.

Jika sudah begitu, tidak mungkin pelumas baru tersebut diisi ke bak penampungan oli di mesin yang masih layak pakai. Jika disimpan dalam jangka waktu lama, mereka khawatir kualitasnya akan menurun.

Menurut Corporate Secretary Pertamina Lubricants, Fitri Eka, pelumas sebenarnya tidak memiliki kedaluwarsa. Asal, cara penyimpanannya benar.

“Pelumas baru yang belum dipakai, bila disimpan dalam kemasan tertutup yang baik, di tempat yang terlindung dari panas matahari, hujan dan dengan posisi yang benar, sebenarnya tidak memiliki masa kedaluwarsa,” ujarnya saat, Sabtu 19 Mei 2018.

Berbeda jika media penyimpanannya tidak layak atau disimpan di tempat terbuka, maka harus dicek terlebih dulu sebelum digunakan.

“Setelah setahun disimpan, pelumas harus dites kandungan kontaminasinya sebelum digunakan,” tuturnya.