Solo Ekspres Resmi Beroperasi, Promo Naik Gratis Sampai Minggu

Net

WARTAPLUS - PT Kereta Api (KAI) meresmikan pengoperasian KA Solo Ekspres relasi Solo-Yogyakarta-Kutoarjo di Stasiun Solobalapan, Kamis, 17 Mei 2018. Untuk memancing minat masyarakat, tiket kereta tersebut akan digratiskan hingga Minggu, 20 Mei 2018.

Direktur Operasi PT KAI, Slamet Suseno Priyanto, mengatakan, perjalanan kereta api tersebut dilayani dengan menggunakan armada kereta baru berjenis KRDE.

"Untuk pengoperasian awal ini menggunakan satu trainset KRDE yang terdiri dari empat gerbong. Ke depannya akan ada tambahan satu trainset lagi," kata Slamet saat meresmikan KA Solo Ekspres di Stasiun Solobalapan, Solo, Kamis, 17 Mei 2018.

Ia menambahkan, kapasitas KA Solo Ekspres yang nantinya akan difungsikan menjadi kereta bandara itu mencapai 393 tempat duduk. Dalam satu hari, kereta tersebut akan melayani empat kali perjalanan, yakni dua relasi Solo-Yogyakarta-Kutoarjo dan dua relasi Kutoarjo-Yogyakarta-Solo.

"Keberangkatan pertama dimulai dari Stasiun Solobalapan pukul 08.40 WIB dan sampai di Kutoarjo 10.44 WIB. Lama perjalanan sekitar dua jam," sebutnya.

Sebagai kereta bandara, lanjut dia, KA Solo Ekspres memiliki fasilitas yang lebih bagus dibandingkan dengan KA Prambanan Ekspres (Prameks). Kereta tersebut dilengkapi dengan fasilitas televisi, toilet, pendingin udara, USB port, dan lainnya.

"Tidak lupa, kereta ini ramah bagi penumpang berkebutuhan khusus, seperti dengan kursi roda. Dengan fasilitas yang lebih lengkap dan nyaman, kami optimistis masyarakat dapat menikmati perjalanan dengan KA Solo Ekspres ini," tuturnya.

Sementara itu, untuk menarik minat masyarakat supaya naik kereta tersebut, Slamet mengungkapkan, PT KAI akan menggratiskan tiket perjalanan KA Solo Ekspres selama empat hari. Tiket gratis tersebut akan diberikan kepada 200 penumpang dalam setiap perjalanannya.

"Sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat Solo, Jogja, Kutoarjo, dan sekitarnya, PT KAI akan memberlakukan tarif Rp0 alias gratis pada tanggal 17-20 Mei 2018," katanya.

Penumpang akan dikenai tarif tiket mulai 21 Mei 2018. Tarif promosi sebesar Rp40 ribu akan dikenakan untuk rute perjalanan Kutoarjo-Solobalapan. Selanjutnya tarif Rp30 ribu akan dikenakan untuk penumpang jurusan Kutoarjo-Yogyakarta dan Yogyakarta-Solo.

"Namun, pada masa angkutan Lebaran pada 5-26 Juni 2018, tarif yang dikenakan untuk setiap penumpang Rp60 ribu untuk rute Kutoarjo-Solobalapan. Sedangkan untuk rute Yogyakarta-Solo dan Yogyakarta-Kutoarjo sebesar Rp45 ribu," ujarnya.

KA Solo Ekspres

Beroperasinya KA Solo Ekspres, disebutkan dia, akan menjadi alternatif moda transportasi kereta api bagi warga Solo, Yogyakarta, dan Kutoarjo.

"Dengan kereta itu waktu tempuh lebih cepat dan lebih nyaman daripada kereta api lain dengan rute yang sama," ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo menyambut baik dengan beroperasinya KA Solo Ekspres jurusan Solo-Yogyakarta-Kutoarjo. Hal tersebut juga menjadi langkah luar biasa PT KAI dalam menyediakan transportasi yang nyaman dan aman di rute kota-kota tersebut.

"Kalau tiketnya Rp40 ribu selama promosi dan Rp60 ribu untuk Lebaran nanti, ya tidak apa kan, orang Jawa itu bilangnya ono rego-ono rupo," katanya.

Peresmian beroperasinya KA Solo Ekspres ditandai dengan pemotongan pita oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, direksi PT KAI serta jajaran dari Kementerian Perhubungan. Setelah pengguntingan pita bunga, disusul pemecahan kendi berisi air bunga di kereta tersebut.