HMS Tegaskan Hak Politik Rakyat Jangan Ditukar dengan Uang

Calon Wakil Gubernur Papua nomor urut 2, Habel Melkias Suwae yang berpasangan dengan John Wempi Wetipo/Istimewa

JAYAPURA,- Calon Wakil Gubernur Provinsi Papua nomor urut 2, Habel Melkias Suwae (HMS) menegaskan kepada tim sukses para kandidat untuk tidak membeli suara rakyat dan melakukan kampanye hitam.

Hal tersebut dilontarkannya karena ia menilai, menjelang pencoblosan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang, diperkirakan akan terjdi money politik dan black campaign.

“Tak bisa dipungkiri, menjelang pencoblosan ini akan terjadi money politik atau yang saya sebut suanggi terbang,” ungkap Habel ketika menyampaikan sambutan pada perayaan HUT Truck Mania Community Papua (TMCP), di Halaman Bosowa, Kotaraja, Sabtu (12/5).

Habel mengungkapkan, hak politik rakyat tak boleh di beli dengan uang, apalagi hanya selembar dua lembar uang merah.

“Apabila hak politik kita jual dengan nilai Rp 100.000, dimana lagi harga diri kita. Uang itu tak setimpal dengan jangka waktu lima tahun. Bayangkan dengan uang Rp 100.000, maka nilai kita satu bulan hanya Rp 1.600. Kalau cerdas ambil saja uangnya, tapi jangan pilih orangnya, itu bagian dari konsekuensi mereka yang membagi-bagikan uang kepada rakyat,” tuturnya.

Bahkan Habel menegaskan, apabila ada tim suksesnya yang membagi-bagikan uang, maka jangan pilih John Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae atau nomor urut dua.

“Kita harus memberikan pembelajaran politik yang baik kepada rakyat, dengan menyampaikan visi misi kita. Bukan malah melakukan cara-cara yang tak terhormat. Maka dari itu saya di lain-lain kesempatan, selalu menghimbau masyarakat agar tak menggandekan suaranya dengan uang,” pungkasnya.

Habel menambahkan, agar seluruh tim pendukung dan simpatisan memberikan dukungan kepada JWW-HMS dengan cara-cara kebenaran dan kejujuran, agar hasil yang dicapai tak mencederai hati rakyat.

“Kita hadir untuk rakyat, bukan untuk melukai hati dan perasaan mereka. Jadi, mari kita menangkan pilkada ini dengan cara terhormat,” pesannya. *