Josua Siapkan Program Papua Berpendapatan Pasti

Calon Gubernur Provinsi Papua Nomor Urut 2, Jhon Wempi Wetipo/Istimewa

JAYAPURA,- Guna mengurangi jumlah pengangguran di wilayah Papua, pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, John Wempi Wetipo - Habel Melkias Suwae (Josua) telah menyiapkan sebuah program yang dinamakan Papua berpendapatan pasti.

Menurut Calon Gubernur John Wempi Wetipo, program Papua berpendapatan pasti akan diwujudkan melalui penerimaan 5.000 pegawai negeri (ASN) dan pemberian modal usaha kepada pedangang kecil.

"Kalau Tuhan mengijinkan kami memimpin Papua, maka Papua berpendapatan pasti akan kami wujudkan melalui penerimaan pegawai negeri atau ASN untuk mengurangi jumlah pengangguran dan memberikan modal usaha kepada mama-mama Papua yang berjualan di pasar," katanya, Rabu (9/5).

Pemberian modal usaha bagi pedagang kecil, kata John Wempi, merupakan kebijakan yang harus dilakukan untuk mengangkat harkat martabat pedagang asli Papua melalui pengembangan usaha yang dimiliki.

"Selama kami melakukan kampanye di kabupaten, kami banyak menerima keluhan mama-mama Papua kalau mereka tidak memiliki modal, sehingga mereka hanya bisa menjual sayur yang dihasilkan dari kebun sendiri," ujarnya.

John Wempi menambahkan, kondisi keamanan daerah akan dipengaruhi ketidak mampuan masyarakat untuk memenuhi kebutuhanya, tetapi ketika masyarakat memiliki pendapat pasti (tetap) maka akan mengurangi tindakan kejahatan.

"Inilah salah satu program kita untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat sekaligus mengatasi masalah keamanan," ungkapnya. *