Papua Barat Kebagian 5 Cabor PON XX

Gubernur Provinsi Papua Barat, Dominggus Mandacan saat melantik pengurus KONI Kota Sorong dan Tambrauw/Ola

SORONG,-Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Papua Barat telah melakukan kordinasi dan konsolidasi dengan pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi Papua terkait kesiapan Papua Barat untuk menjadi tuan rumah beberapa cabang olah raga yang akan diperlombakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke 20 tahun 2020 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Mandacan saat menyampaikan sambutan usai melantik pengurus KONI Daerah Kota Sorong, Kabupaten Sorong dan Kabupaten Tambrauw di aula Samu Siret Kota Sorong, Papua Barat, Senin (7/5).

Ditambahkan oleh Mandacan bahwa dari hasil kordinasi tersebut jika tidak ada perubahan maka Papua Barat akan menangani 5 Cabang Olah Raga (Cabor) diantaranya sepak bola, selam, terjun payung, balap motor dan tenis meja.

Oleh karena itu dengan pelantikan pengurus KONI disetiap daerah dapat mendukung kegiatan tersebut.

Selain itu, Mandacan juga menyoroti keberadaan KONI Papua Barat yang selama ini masih jauh dari prestasi maupun kesejahteraan bagi atlit, pelatih, wasit, hakim maupun perangkat olah raga lainnya.

"Perkembangan olah raga di Papua Barat mengalami pasang surut dan belum memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari hasil kontingen Papua Barat pada PON 19 lalu di Jawa Barat. Dengan dilantiknya pengurus KONI tingkat daerah di Papua Barat dapat memberikan legalitas dan keabsahan hukum yang berdampak pada menunbuh kembangkan semangat olahraga dan pestasi olahraga," pesan Mandacan.

Adapun ketua umum KONI Kota Sorong dijabat oleh Walikota Sorong, Lambertus Jitmau dan Ketua Harian, Fanik Tehupiory, Ketua umum KONI Kabupaten Sorong dijabat Bupati Sorong, Johny Kamuru dengan Ketua Harian, Hermanus Rumaropen dan Ketua umum KONI Kabupaten Tambrauw dijabat oleh Bupati Tambrauw, Gabriel Asem dengan ketua hariannya, Englebert Kocu.*