Pernyataan Keliru Sebut Papua Miskin Absolut

Habel Melkias Suwae (HMS), Calon Wakil Gubernur Papua nomor urut 2 yang berpasangan dengan John Wempi Wetipo/Istimewa

JAYAPURA,- Sama halnya dengan yang dilontarkan oleh calon gubernur Provinsi Papua, John Wempi Wetipo. Habel Melkias Suwae yang berpasangan dengan John Wempi itu juga menegaskan bahwa Papua disebut miskin absolut adalah sebuah pernyataan yang keliru.

“Bagi saya, pernyataan Lukas Enembe di debat publik beberapa waktu lalu tentang Papua Miskin Absolut ada sebuah penyataan yang sangat keliru,” kata Habel Melkias Suwae (HMS), Jumat (4/5) kemarin.

Menurut HMS, Kemiskinan absolut itu terjadi apabila pemerintah tak mampu menyejahterakan rakyatnya karena terbatas sumber daya alam dan sumber daya Manusianya, sedang kemiskinan relatif itu kondisi dimana pemerintah belum mampu menjangkau seluruh wilayah dan rakyatnya sehingga terjadi ketimpangan yang sangat lebar dalam sebuah aspek pembangunan.

"Kalau kita bicara kemiskinan di Papua, maka itu kemiskinan relatif, bukan absolut, karena SDA dan SDM Papua ada, hanya jangkauan layanan pemerintah belum menyentuh seluruh wilayah di Papua,” tegas mantan Bupati Jayapura itu.

Kalau Papua dikatakan miskin absolut, maka bisa menjadi pertanyaan berarti bagi pemimpin yang telah lima tahun memimpin Papua tidak bikin apa-apa, sampai seorang mantan Gubernur menyatakan Papua miskin Absolut.

Menurut HMS, Papua memiliki sumber daya alam melimpah, dan sumber daya manusia juga sudah ada, tinggal bagaimana pemerintah melakukan pembangunan secara merata dan menyeluruh maka secara pasti masyarakat tidak lagi miskin.

“Sumber daya alam ada, misalnya di Biak ikan melimpah di Merauke Karet melimpah tapi masyarakat tidak tahu harus pasarkan kemana, itu yang menjadi tugas pemerintah,” tegas HMS.

Dirinya menuturkan, tugas pemerintah adalah menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh rakyat, karena pemimpin ada itu karena rakyat, bukan malah bilang Gubernur tidak punya rakyat yang punya rakyat itu kabupaten, itu sangat keliru lagi.

“Kalau seorang mantan Gubernur bilang tidak punya rakyat, trus kam mau kerja untuk siapa, kami JWW-HMS tegas menyatakan kami kerja untuk mensejahterakan rakyat,” tutup HMS. *