Go Dok

Sariawan Hilang Dengan Cara Alami Berikut Ini

Foto: Istimewa

Berwisata kuliner sudah menjadi favorit setiap orang ketika mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi suatu wilayah atau negara yang baru dikunjungi.

Menikmati segala ragam makanan, mulai dari camilan hingga makanan berat harus dicicipi tidak boleh ada satupun yang terlewati.

Namun, kesenangan berwisata kuliner pasti jadi terganggu ketika kita mendapati ada sariawan bertengger di area mulut. Akibatnya, kita jadi tidak bisa menyicipi semua ragam makanan, seperti makanan yang pedas, masam, dan lainnya. Selain itu, aktivitas mengunyah jadi tergganggu karena rasa sakit yang ditimbulkan dari sariawan tersebut.

Agar tetap bisa berwisata kuliner dengan nyaman, mengapa tidak mencoba cara menyembuhkan sariawan dengan beberapa bahan alami dan mudah ditemukan di sekitar kita? Mau tahu apa saja cara yang bisa dilakukan?

• Cara paling mudah, Anda bisa coba menggosok secara perlahan potongan kecil es batu di area sariawan hingga meleleh. Rasa dingin tersebut dapat membantu melancarkan aliran darah sebagai proses penyembuhan serta membuat area sariawan yang sakit menjadi kebal dan mati rasa.

• Berkumur dengan larutan garam sepertinya sudah menjadi resep alami yang dipercaya sejak dahulu kala karena dipercaya dapat mengurangi bakteri dan virus penyebab sariawan.

Caranya: larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat sebanyak 3 sampai 4 kali sehari. Anda juga bisa menggunakan campuran larutan baking soda dengan air hangat, lho.

• Berkumur dengan obat kumur yang tidak mengandung alkohol untuk membantu membersihkan virus dan bakteri penyebab sariawan.

• Mengoleskan minyak cengkeh di area sariawan setelah membersihkan mulut dengan obat kumur atau air garam juga dapat membantu meredakan sariawan. Pasalnya, minyak cengkeh dipercaya bersifat antiseptikserta mengandung zat antibakteri yang baik untuk membasmi bakteri dan virus penyebab sariawan.

• Meminum teh herbal chamomile yang dicampur dengan madu juga ampuh, lho. Madu yang bersifat antiseptik dipercaya dapat meredakan sariawan. Selain itu, teh chamomile juga bersifat anti-peradangan untuk meringankan gejala sariawan.

• Selain diminum, kita juga bisa mencoba dengan menempelkan kantung teh bekas seduhan di area sariawan, lho.

• Resep alami lainnya adalah berkumur dengan rebusan beberapa daun-daunan, seperti daun kelor. Belum banyak yang tahu kalau salah satu manfaat daun kelor dapat meredakan sariawan mengingat tingginya kandungan vitamin C di dalamnya.

• Selain menggunakan ramuan di atas, selalu rajin sikat gigi dan menggunakan benang gigi agar sariawan tidak terinfeksi bakteri. Ingat ya, selalu menggosok gigi dengan sikat gigi yang lembut dan pasta gigi bebas deterjen.

• Hindari mengonsumsi makanan yang pedas atau masam karena dapat menyebabkan sariawan menjadi semakin meradang dan iritasi.

• Hindari pula makanan asin, kopi, cokelat, kacang-kacangan, keripik kentang atau biskuit yang dapat mencederai mulut. Selain itu, untuk sementara Anda jangan dulu mengonsumsi minuman bersoda atau beralkohol serta minuman yang terlalu manis, terlalu panas, atau terlalu dingin.

Itulah beberapa cara menyembuhkan sariawan menggunakan bahan yang alami dan cenderung mudah ditemukan.

Selain itu, selalu ingat agar tidak menyentuh sariawan dengan tangan karena dapat mengganggu proses penyembuhan dan menyebabkan infeksi menyebar ke bagian mulut lainnya. Semoga bermanfaat!

Herbal https://www.go-dok.com/tag/herbal/

Manfaat daun kelor https://www.go-dok.com/manfaat-daun-kelor-si-daun-hijau-ajaib/