Pemekaran Provinsi Papua Barat Daya Akan Segera Terealisasi

Juru bicara tim Presidium percepatan pemekaran calon Provinsi PBD, Julian Kelly Kambu/Ola

SORONG,-Kerinduan memiliki provinsi baru di wilayah Kepala Burung yang telah dicita-citakan sejak tahun 2006, nampaknya akan terwujud dibawah kepemimpinan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan dijadwalkan akan melakukan pengukuhan dan peresmian sekretariatan Tim Percepatan Pemekaran calon Provinsi Papua Barat Daya (PBD) pada Senin (7/5) mendatang di Kota Sorong.

Juru bicara tim Presidium percepatan pemekaran calon Provinsi PBD, Julian Kelly Kambu yang dijumpai di kantor Walikota Sorong, Kamis (3/5) menyampaikan bahwa sesuai dengan radiogram dari Gubernur Papua Barat bernomor 005/20/Setda-PB/2018 Gubernur memerintahkan kepada lima Bupati dan Walikota serta Ketua DPRD di wilayah Sorong Raya untuk menghadiri kegiatan tersebut.

"Pengukuhan dan peresmian ini merupakan wujud janji politik Gubernur saat berkampanye untuk menghadirkan Provinsi PBD lepas dari provinsi induk yang diwacanakan sejak tahun 2006 lalu. Berbeda dengan Gubernur sebelumnya, Gubernur Dominggus Mandacan mempunyai komitmen untuk membangun Papua. Papua dengan luas 3 kali pulau Jawa tidak bisa memikul tanggung jawab untuk beban pembangunan hanya dengan 2 Provinsi. Sesuai amanah UU Otsus sudah saatnya Papua dimekarkan menjadi beberapa provinsi. Kami masyarakat Papua tidak butuh Presiden baru tapi kami butuh Provinsi baru," tandas Kelly.

Dia menambahkan bahwa pengukuhan yang akan dilakukan langsung oleh Gubernur itu, selain akan dihadiri kepala daerah dan pimpinan DPRD juga akan dihadiri oleh ribuan warga pendukung provinsi PBD.

Ditambahkan oleh Kelly, bahwa kerja tim ini akan menyiapkan administrasi persiapan calon provinsi PBD dalam kurun setahun atau bahkan lebih.

Kelly berharap dengan adanya pengukuhan dan pengakuan dari pemerintah Provinsi Induk kinerja tim dapat dipercepat dan pembentukan PBD tidak memakan waktu yang lama.

"Belum ada target kapan PBD bisa lahir, tapi kami berharap bisa secepatnya mungkin tahun depan, tahun 2020 atau 2021," tambah Kelly.

Sementara itu, Walikota Sorong, Lambert Jitmau menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Sorong menyambut baik tindakan Gubernur Papua Barat yang dalam waktu dekat akan melakukan pengukuhan dan peresmian Tim Percepatan provinsi PBD.

"Kami sangat siap dan mendukung keberadaan Tim ini. Dukungan dari Pemerintah Kota berupa sarana fasilitas termasuk gedung sekretariatan yang berada di lingkup kantor Walikota," terang Lambert.

Ditanya soal dirinya yang bakal ditunjuk menjadi Ketua tim. Lambert mengaku belum mengetahui dan jika benar, maka dirinya siap menjalankan amanah tersebut.*