Pemprov Papua: Data Pemukiman dan Kawasan Perumahan Harus Ditingkatkan

Staf Ahli Gubernur Papua, Ani Rumbiak didampingi Sekertaris Dirjen Penyediaan Perumahan Kemen PUPR, Lukman Hakim dan Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu Kemen PUPR Provinsi Papua, Malidikin Soltiep membuka secara simbolis kegiatan Rakor di Jayapura, Rabu (2/5)/Riri

JAYAPURA, - Pemerintah Provinsi Papua mengharapkan adanya peningkatan dalam penyediaan data Pemukiman dan Kawasan Perumahan (PKP)

"Data PKP yang tersedia selama ini belum seragam dan masih kurang," ungkap Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Bidang Kesra dan SDM, Annie Rumbiak pada acara Rapat Konsultasi dan Sinkronisasi Program Penyediaan Perumahan di Jayapura, Rabu (2/5).

Peningkatan penyediaan data  ini menurut Annie juga dalam rangka mendukung progress Program Satu Juta Rumah yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. 

Dia menjelaskan, urusan perumahan merupakan urusan yang sangat kompleks dan bersifat multidimensional serta multisektoral yang perlu ditangani secara terpadu, melalui koordinasi yang berjenjang di setiap tingkat pemerintah serta harus sesuai dengan tata ruang.

Untuk itu dalam rangka meningkatkan kualitas pengambilan kebijakan dan perencanaan penyedia perumahan, diperlukan dukungan dan ketersediaan data perumahan dan terjadinya sinergi antara penyedia perumahan yang ada di daerah.

"Kedepan pemerintah provinsi Papua dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan berusaha meningkatkan ketersediaan pembangunan unit rumah yang terpadu setiap tahun dan melakukan koordinasi tingkat daerah ke pusat," katanya.

" Kami berharap dengan adanya kegiatan ini,dapat meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah daerah tentang arti pentingnya sinkronisasi perumahan khususnya dalam proses perencanaan dan pendataan,"harapnya.*