Dijadwalkan Senin Mendatang Mendagri Lantik Plt Gubernur Papua

Gubernur Papua, Lukas Enembe/Ist

JAYAPURA,- Dijadwalkan Senin (26/2) pekan depan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan melantik Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Papua di Jakarta.

Asisten Bidang Umum Sekda Papua, Elysa Auri mengatakan, pelantikan plt Gubernur Papua akan dilangsungkan di Gedung C Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

"Hari senin ada pelantikan Plt Gubernur Papua, dan informasi sementara salah satu Dirjen Kemendagri. Kami juga sudah menerima undangan dari Kemendagri untuk menghadiri pelantikan tersebut,” aku Elysa kepada pers di Jayapura, Jumat (23/2)

Dikatakan, untuk beberapa hari ke depan sampai pelantikan, pelaksana tugas harian Gubernur Papua akan dijabat oleh Sekda Papua Hery Dosinaen 

"Jadi, nanti Pak Sekda dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Papua yang akan menghadiri pelantikan Plt Gubernur di Jakarta,” jelasnya.

Dengan bakal dilantiknya Plt Gubernur Papua, Elysa Auri mengimbau kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk tetap bekerja seperti biasanya, dan tidak terpengaruh dengan hal-hal lain. Sehingga pelaksanaan pemerintahan berjalan dengan baik.

Ditambahkan, sebagai Plt Gubernur Papua akan menjabat sampai tanggal 9 April. Setelah itu akan dilantik kembali sebagai Penjabat Gubernur sampai dengan pelantikan Gubernur definitif Papua periode 2018-2023.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi resmi terkait siapakah yang bakal menjabat sebagai pelaksana tugas Gubernur Papua.

"Sampai siang ini, kami belum menerima Radiogram dari pusat terkait siapa yang akan menjabat Plt," ujar Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Papua, Israil Ilolu saat dikonfirmasi pers.

Untuk diketahui, karena kembali mencalokan diri sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur dalam Pilkada Gubernur Papua 2018, pasangan Lukas Enembe - Klemen Tinal terpaksa mengakhiri masa jabatannya lebih awal. Padahal, masa jabatannya berakhir 9 April 2018.[Riri]